Penerapan E-ticketing Ferizy ASDP Tekan Calo Tiket Penyeberangan

Senin, 24 April 2023 - 20:42 WIB
loading...
A A A
Rekayasa ini sangat memperlancar penyeberangan Selat Sunda. Bahkan jika menyimak data sementara menunjukkan bahwa jumlah kendaraan yang terangkut menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera menjadi jauh lebih besar dari pada tahun sebelumnya.

Tetapi, meskipun volume lebih besar, kita bersyukur karena tidak terjadi masalah seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya. Setidaknya hal itu dibuktikan dengan rendahnya level komplain masyarakat pemudik.

Bahkan hampir tidak ditemukan persoalan seperti tahun lalu. Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa kali ini yang terjadi bukan kemacetan lalu lintas. Tetapi sifatnya adalah antrean kendaraan di Merak dan Ciwandan. Itupun skalanya masih sangat wajar.

Secara umum kita harus beri apresiasi langkah yang diambil oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub beserta jajarannya, serta rekan-rekan kepolisian, yang sudah serius menghadapi mudik 2023. Terutama juga kita apresiasi PT ASDP dan jajaran operator kapal yang sudah rutin berkoordinasi dan mencari cara untuk menekan potensi munculnya masalah lalu lintas di pelabuhan Merak.

“Meskipun mungkin ini masih terlalu dini untuk melakukan penilaian, tetapi setidaknya secara umum kita bisa katakan bahwa pemerintah berhasil kelola mudik 2023,” katanya.

Ruas Jalan Tol
Kapasitas jalan tol sudah sangat besar tetapi yang menjadi kendalanya adalah pada gerbang tol. Kita bisa lihat kondisi di Gerbang Tol Cikampek dan Kalikangkung yang menyebabkan adanya antrean sangat panjang pada 2022 lalu.

Pada tahun ini, pemerintah mampu mengendalikan tekanan arus kendaraan dengan berbagai macam metode. Kalau di ruas jalan tolnya memang dilakukan rekayasa one way. Tetapi, hal yang harus diapresiasi adalah di segmen akses ke gerbang tol dan setelahnya.
(dar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)