Penerapan E-ticketing Ferizy ASDP Tekan Calo Tiket Penyeberangan

Senin, 24 April 2023 - 20:42 WIB
loading...
A A A
Menurutnya, Ferizy mempersingkat waktu untuk membeli tiket dan menghindari antre dengan calon penumpang lain. “Tiket online ini bikin lebih mudah, tidak mengantre dan lebih cepat, aman dan nyaman dibanding dulu sebelum ada tiket online,” jelasnya.

(Baca juga:Erick Thohir Ganti Direktur Perencanaan dan Pengembangan ASDP)

Hal senada diungkapkan Rendi, meski dirinya baru pertama kali menggunakan aplikasi Ferizy untuk membeli tiket kapal, dirinya merasakan perubahan yang cukup terasa.

“Menurut saya ada kemajuan dari pelayanan. Fasilitas seperti jembatan sudah bisa kita gunakan. Saat turun dari bus juga sudah pakai eskalator. Alhamdulillah jadi lebih cepat. Untuk pelayanan tiket luar biasa baik, cepat dan nggak ribet. Kita beli tiket secara online lebih cepat walau harga agak beda dikit. Kita baru kali ini pakai tiket online, karena beberapa tahun lalu masih beli di loket pelabuhan. Sekarang lebih mudah karena bisa menggunakan aplikasi dari HP,” ucapnya.

Benny, penumpang feri yang akan menuju Lampung Tengah juga menyatakan hal serupa, di mana pembelian tiket lebih mudah dijangkau dengan Ferizy. “Saya mau mudik ke Lampung Tengah. Saya beli tiketnya online lewat Ferizy. Tahun lalu juga saya sudah online. Mempermudah kita beli tiket, udah nggak ngantre lagi,” ujarnya.

Dinilai Berhasil
Ilham mengatakan, secara umum pemerintah dan pelaku transportasi sudah sangat berhasil memanajemen arus mudik 2023. Capaian keberhasilan itu dapat dilihat dari beberapa parameter. Di antaranya adalah tidak adanya pemberitaan keluhan pemudik terkait dengan kondisi di lapangan yang lalu lintasnya tidak termanajemen.

Menurut Ilham, salah satu isu krusial mudik dan arus balik yang harus diwaspadai oleh pemerintah, yaitu penyeberangan Merak-Bakauheni di Selat Sunda dan untuk ruas jalan tol di Cikampek dan Jateng.

Penambahan kapasitas angkut kapal dengan menghadirkan kapal berukuran besar dan menambah jumlah pelabuhan (dan dermaga), serta adanya peningkatan kapasitas tampung kantong parkir dan penerapan delay system menjelang masuk area pelabuhan, sudah menekan masalah over demand di pelabuhan Merak.

“Hal yang sangat besar pengaruhnya pada kelancaran lalin di Merak adalah adanya penempatan khusus untuk angkutan sepeda motor dan kendaraan barang ke Pelabuhan Ciwandan,” ujarnya.

(Baca juga:Pandemi Covid-19, ASDP Pangkas 30% Rencana Investasi)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)