Kiat Membangun Bisnis di Usia 20-an, Simak 4 Tips dari Pendiri Skin Game

Rabu, 03 Mei 2023 - 20:21 WIB
loading...
A A A
Berkaca dari kesuksesan yang diraihnya, Michella bersama airasia shop berbagi empat kiat menjadi womanpreneur sukses di usia muda, sebagai berikut:

1. Disiplin Mengelola Keuangan
Berangkat dari menyisihkan uang saku semasa kuliah, Michella berhasil memutar strategi untuk melipatgandakan modal yang dimiliki.

Menurut dia, fondasi utama dari keberhasilan seorang pebisnis pemula adalah kedisiplinan untuk memisahkan antara keuangan perusahaan dan kebutuhan pribadi.

“Seringkali, pebisnis pemula tidak dapat mengontrol diri soal keuangan. Pada fase-fase awal, seharusnya keuntungan bisnis diputar kembali untuk modal dan memperkuat kapital yang kita miliki. Jangan tergiur untuk menggunakannya demi kebutuhan pribadi,” pesan dia. “Meskipun sebagai owner, tetapi kita harus menempatkan diri seperti karyawan yang digaji sesuai kapasitasnya,” imbuhnya.

Masih menyoal manajemen keuangan, Michella juga menerapkan kedisiplinan dalam hal biaya pemasaran. "Dengan modal yang terbatas, kita harus cermat untuk menghitung rasio biaya operasional atau COGS dengan profit. Dulu, aku mengakali strategi promosi dengan penawaran barter review kepada influencer di media sosial. Modal minim, tapi efektivitas paparannya luas,” bebernya.

2. Percepat Pertumbuhan Bisnis dengan Mengembangkan Tim
Banyak pebisnis pemula yang menunda ekspansi tim dengan alasan efisiensi biaya. Nyatanya, hal ini merupakan keputusan yang sedikit disesali Michella lantaran sempat menghambat pertumbuhan Skin Game.

“Saat itu, bisnis Skin Game bertumbuh cukup baik, tapi tetap aku mau handle semuanya sendiri. Jadi, waktu aku banyak dihabiskan untuk urusan operasional, dan menyebabkan aku tidak bisa efektif memikirkan hal-hal strategis yang lebih krusial,” ucapnya.

“Apa yang aku pelajari adalah ketika bisnis mulai berkembang, dan memiliki cash-flow yang kuat, jangan takut untuk mengembangkan tim demi akselerasi pertumbuhan bisnis secara jangka panjang,” imbuh perempuan yang tengah melanjutkan studi magister di ITB.



3. Bangun Kedekatan dengan Konsumen
Persaingan di industri kecantikan dan perawatan kulit kian sengit. Untuk itu, brand harus menerapkan diferensiasi agar mampu bertahan dan memenangi kompetisi. Michella menyebut salah satu diferensiasi dari Skin Game adalah membangun kedekatan dengan konsumen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)