Membantu UMKM Mengakses Permodalan melalui Digitalisasi BPR

Kamis, 11 Mei 2023 - 15:25 WIB
loading...
A A A
Ke depan Komunal akan terus memperkuat posisinya demi mencapai misi mendorong inklusi keuangan di Indonesia. “Caranya dengan mengombinasikan antara teknologi untuk mempermudah penyaluran deposito ke ratusan BPR di seluruh Indonesia dan berkolaborasi dengan BPR di berbagai daerah untuk penyaluran kredit UMKM, terutama di kota-kota tier 2 dan 3,” ujar Hendry.

Kekuatan Komunal sendiri terus bertumbuh sejak berdiri di tahun 2019. Hingga kini Komunal telah mengumpulkan total funding sebesar USD11,3 juta dari berbagai perusahaan modal ventura terkemuka.

“Volume business Komunal telah berkembang pesat dari penyaluran kredit sebesar Rp70 miliar di tahun 2019 ke total transaksi deposito dan pinjaman sebesar Rp3,6 triliun pada tahun 2022,” urai Hendry.

Adapun di kuartal pertama tahun 2023, Komunal mencatat Rp1,75 triliun total transaksi deposito dan pinjaman UMKM, bertumbuh 3,5 kali lipat dari transaksi pada periode yang sama di tahun 2022.

Selain memperkuat kemitraan dengan BPR, strategi lain Komunal untuk bertumbuh yakni dengan membuka kantor di Jakarta, dari sebelumnya yang berada di Surabaya, Jawa Timur. “Alasan utama pembukaan kantor di Jakarta adalah untuk men-support ekspansi bisnis Komunal untuk ke depannya. Sehingga dengan berbagai strategi dan juga kekuatan SDM kami yakin akan dapat mencapai misi kami untuk mendukung inklusi keuangan di Indonesia melalui digitalisasi BPR,” urai Hendry menutup penjelasannya.

Sedikit melihat ke belakang, Komunal sendiri awalnya didirikan di tahun 2019 sebagai perusahaan fintech Peer to Peer Lending (P2P) yang menghubungkan UMKM berpotensi dengan para pemberi dana untuk mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Seiring dengan perkembangan bisnis, Komunal mendirikan entitas baru DepositoBPR by Komunal, sehingga Komunal saat ini telah menjadi group of companies.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)