Susul Singapura, Korea Selatan Masuk Jurang Resesi

Kamis, 23 Juli 2020 - 13:36 WIB
loading...
Susul Singapura, Korea Selatan Masuk Jurang Resesi
Korea Selatan masuk jurang resesi. Foto/Reuters.ThomasWhite
A A A
JAKARTA - Ekonomi Korea Selatan secara resmi melaporkan terjun ke jurang resesi pertama kalinya dalam 17 tahun terakhir. Negeri Gingseng tersebut dihantam resesi dari dampak pembatasan pergerakan akibat pandemi Covid-19 sehingga berpengaruh besar pada kegiatan ekonomi dan permintaan global.

Bank Sentral Korea Selatan menyebutkan Produk domestik bruto (PDB) mengalami penurunan sebesar 3,3% pada kuartal II atau periode April-Juni dibandingkan periode kuartal sebelumnya terkontraksi sebesar 1,3%.



Dilansir dari Reuters, Kamis (23/7), negara yang menggantungkan pada sektor perdagangan tersebut kinerja ekspor barang dan jasanya mengalami penuruan tajam menacapai 16% terburuk sejak sejak 1963 silam. Penurunan tersebut menggerus hampir 40% Produk Domestik Bruto (PDB) tahun lalu. Namun disisi lain, konsumsi swasta itu, konsumsi swasta yang menghasilkan hampir setengah dari PDB mengalami kenaikan sebesar 1,4% atau tumbuh 6,5 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.



Pada tahun sebelumnya, negara dengan ekonomi terbesar keempat di Asia ini juga menyusut sebesar 2,9% pada medio April-Juni.
Kondisi tersebut berbanding terbail dengan ekspansi 1,4% yang terlihat pada tiga bulan sebelumnya, bahkan lebih curam dari penurunan 2,0% yang diprediksi dalam jajak pendapat yang dilakukan Reuters.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6185 seconds (0.1#10.140)