65 Tahun Indonesia-Jepang: Perkuat Kerja Sama Transisi Energi

Sabtu, 27 Mei 2023 - 14:06 WIB
loading...
65 Tahun Indonesia-Jepang: Perkuat Kerja Sama Transisi Energi
Hubungan Indonesia-Jepang masuki usia 65 tahun. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Tahun 2023 menjadi tahun bersejarah bagi Indonesia dan Jepang yang ditandai dengan peringatan 65 tahun hubungan Indonesia-Jepang serta peringatan 50 tahun hubungan ASEAN-Jepang. Tak hanya itu, tahun ini juga menjadi tahun penting bagi kedua negara karena Indonesia menjadi Ketua ASEAN sementara Jepang menjadi tuan rumah KTT G7.



“Kami menghargai berbagai kerja sama ekonomi selama ini yang terjadi antara kedua negara, serta berharap dukungan penuh Jepang pada penyelenggaraan KTT ASEAN di Indonesia sepanjang 2023,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat membuka pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Jepang Yamada Kenji di sela-sela pertemuan tingkat Menteri IPEF di Detroit, Amerika Serikat, dikutip Sabtu (27/5/2023).

Menteri Yamada dan Menko Airlangga membicarakan berbagai isu strategis seperti transisi energi dan hubungan perdagangan antara kedua negara. Mereka juga membahas efektivitas kerangka kerja sama ekonomi dalam IPEF guna mewujudkan kerja sama kawasan, serta posisi IPEF dalam konstelasi kerjasama di Indo-Pasifik.

Menteri Yamada menyampaikan bahwa Pemerintah Jepang akan mendukung proyek pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan di Kalimantan Utara yang dilakukan melalui kerja sama oleh PT Kayan Hydro Plant dan Sumitomo Corporation. “Kami berharap proyek tersebut dapat mendukung Asian Zero Emission Community (AZEC)," ujar Yamada.

Airlangga mengapresiasi kerja sama yang telah terwujud dan berharap implementasi PLTA Kayan dapat dilakukan dengan segera. Airlangga juga menyampaikan program kendaraan listrik Indonesia yang merupakan bagian dari kebijakan transisi energi nasional.

“Diharapkan perusahaan-perusahaan Jepang dapat berpartisipasi dalam program transisi energi Indonesia,” ungkap Airlangga.



Selain pada AZEC, Keterlibatan Jepang dalam upaya transisi energi Indonesia selama ini dapat terlihat pada program Just Energy Transition Partnership (JETP). Diharapkan kemitraan Indonesia – Jepang saat ini dan yang dapat terwujud di masa mendatang dapat mendukung percepatan target Net Zero Emission (NZE) Indonesia pada tahun 2060 sekaligus memacu pemulihan ekonomi kedua negara.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2408 seconds (0.1#10.140)