Tiba-tiba Luhut Bilang Akan Setop Ekspor Gas LNG, Ada Apa?

Selasa, 30 Mei 2023 - 20:34 WIB
loading...
Tiba-tiba Luhut Bilang Akan Setop Ekspor Gas LNG, Ada Apa?
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan secara tiba-tiba akan menghentikan ekspor gas alam cair atau LNG . Rencana tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri karena selama ini impor dalam junlah besar.

"Kita bertahun-tahun ekspor LNG. Padahal, sekarang kita butuh," ujar Luhut dalam peluncuran Indonesia Carbon Capture and Storage Center (ICCSC) di Jakarta, Selasa (30/5/2023).



Luhut mengatakan studi menghentikan ekspor LNG tersebut akan segera diberikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Sudah kita siapkan laporan ke presiden mau setop ekspor LNG," tandasnya.

Luhut mengatakan penyetopan tersebut dilakukan untuk digunakan di dalam negeri untuk kebutuhan methanol, petrochemical. "Kita perlu gas. Cukup gas kita sendiri dan kita nggak perlu impor lagi," katanya.



Terlebih lagi, dengan adanya penyetopan tersebut diharapkan dapat menekan harga gas industri yang saat ini dipatok USD6 per MMBTU. "Kita mau gunakan domestik supaya harga gas itu bisa USD6 per MMBTU," jelas Luhut.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)