Wall Street Berakhir Berdarah-darah Jelang Pemungutan Plafon Utang AS

Kamis, 01 Juni 2023 - 08:30 WIB
loading...
Wall Street Berakhir Berdarah-darah Jelang Pemungutan Plafon Utang AS
Wall Street ditutup turun pada perdagangan Rabu (31/5) waktu setempat menjelang pemungutan suara menaikkan plafon utang AS. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Wall Street ditutup turun pada perdagangan Rabu (31/5) waktu setempat menjelang pemungutan suara menaikkan plafon utang AS . Sementara data pasar tenaga kerja yang kuat secara tak terduga mengguncang investor yang khawatir Federal Reserve akan menaikkan suku bunga lagi pada bulan Juni.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 134,51 poin atau 0,41% menjadi 32.908,27; S&P 500 (.SPX) kehilangan 25,69 poin, atau 0,61%, pada 4.179,83; dan Nasdaq Composite (.IXIC) turun 82,14 poin, atau 0,63%, menjadi 12.935,29.



Untuk bulan ini, S&P 500 naik 0,26%, Dow Jones kehilangan 0,3,48% dan Nasdaq naik 5,80%. Dewan Perwakilan Rakyat AS diperkirakan akan memberikan suara pada malam hari pada RUU untuk mengangkat batas utang USD31,4 triliun, sebuah langkah penting untuk menghindari gagal bayar yang tidak stabil yang dapat terjadi awal minggu depan tanpa persetujuan kongres.

Bagian DPR akan mengirim tagihan ke Senat, di mana debat dapat berlangsung hingga akhir pekan, tepat sebelum tanggal 5 Juni ketika pemerintah dapat mulai kehabisan uang. Tetapi sebagian besar analis memperkirakan persetujuan RUU tersebut dan Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Rabu dia mengharapkan tagihan plafon utang di mejanya pada Senin depan.

"Pasar obligasi menyukai adanya disiplin fiskal dan pasar ekuitas menyukai hal itu tidak akan mengganggu pertumbuhan," kata Brad Conger, wakil kepala investasi di Hirtle Callaghan & Co di Conshohocken, Pennsylvania. "Saya tidak berpikir kita bisa meminta hasil yang lebih baik."

Namun, valuasi ekuitas diregangkan mengingat suku bunga tinggi, ekonomi melambat dan inflasi perlu menurun lebih lanjut, kata Conger.

"Terus terang, jika kita benar-benar melambat, pasar tidak menawarkan makan siang gratis," katanya. "Ini akan menjadi perjuangan jika inflasi tidak dianggap surut, di mana kita berada."

Departemen Tenaga Kerja melaporkan bahwa lowongan pekerjaan AS secara tak terduga naik pada bulan April, mencerminkan kekuatan pasar tenaga kerja yang terus-menerus yang menunjukkan tekanan pada upah dan inflasi.

Pedagang berjangka menaikkan hingga 70% kemungkinan kenaikan 25 basis poin pada pertemuan kebijakan Fed 13-14 Juni. Tapi kemungkinan itu turun menjadi sekitar 32% setelah komentar pejabat Fed yang condong ke apa yang disebut beberapa orang sebagai "jeda hawkish." FEDWATCH.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)