15 Negara Surga Pajak Teratas di Dunia, Ada Tetangga Indonesia

Rabu, 07 Juni 2023 - 11:32 WIB
loading...
A A A
Selain itu, fleksibilitas perusahaan Singapura dan perjanjian pajak yang menguntungkan dengan 28 negara berkontribusi pada statusnya sebagai wilayah yang menjanjikan bagi perusahaan non-residen.

2. Swiss

Nilai FSI: 1.167

Indeks Kerahasiaan Keuangan 2022 menempatkan Swiss sebagai yurisdiksi keuangan terkemuka kedua dengan nilai FSI global 1.167, pangsa FSI 3,43%, dan skor kerahasiaan 71. Peringkat ini mencerminkan tingkat kerahasiaan keuangan Swiss yang tinggi dan signifikansinya sebagai surga pajak global.

Kebijakan pajak yang menguntungkan, undang-undang privasi keuangan yang kuat, dan sistem perbankan stabil menjadikan Swiss surga pajak lepas pantai bagi bisnis yang ingin meminimalkan kewajiban pajak mereka dan melindungi aset keuangan mereka.

Negara ini juga menawarkan berbagai insentif pajak, termasuk tarif pajak rendah dan perlakuan pajak preferensial untuk jenis pendapatan dan kekayaan tertentu.

Tradisi rahasia perbankan Swiss yang sudah lama ada, dengan skor kerahasiaan perbankan 60, menambah daya pikatnya sebagai surga pajak lepas pantai. Negara ini secara historis mempertahankan hukum dan peraturan yang ketat untuk menjaga kerahasiaan informasi perbankan mereka.

1. Amerika Serikat

Nilai FSI: 1.951

Amerika Serikat (AS) menempati peringkat pertama pada Indeks Kerahasiaan Keuangan 2022, dengan bobot skala global yang luar biasa sebesar 25,8% dan pangsa FSI sebesar 5,74%. AS telah muncul sebagai suaka pajak global baru —menyalip Kepulauan Cayman dan suaka pajak populer lainnya— karena sektor keuangannya yang kuat, sistem pajak perusahaan yang kompetitif, dan lingkungan bisnis yang menguntungkan.

Beberapa negara bagian AS —seperti South Dakota, Nevada, dan Delaware— muncul sebagai pesaing yang semakin meningkat untuk suaka pajak lepas pantai populer seperti Kepulauan Cayman, Bahama, dan Malta. Mereka juga menjadi tujuan ideal bagi investor asing yang ingin menyembunyikan modalnya dari otoritas pajak, kreditur, dan lembaga penegak hukum.

Menurut sebuah laporan oleh Business Insider, di seluruh negeri menyimpan miliaran dolar yang tidak kena pajak. AS juga bukan peserta Common Reporting Standards.

Pada 2021 lalu, Pandora Papers mengungkap South Dakota telah menjadi salah satu contoh surga pajak di negara bagian AS, melonggarkan undang-undang pajak mereka untuk menarik investor kaya.

"Selama dekade terakhir, South Dakota, Nevada dan lebih dari puluhan negara bagian bertransformasi untuk unggul dalam bisnis, dengan menawarkan kerahasiaan keuangan (investor)," menurut laporan Pandora Papers tentang surga pajak perusahaan cangkang.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0838 seconds (0.1#10.140)