Wall Street Pekan Ini, Investor Bersiap Hadapi Resesi

Senin, 12 Juni 2023 - 07:21 WIB
loading...
Wall Street Pekan Ini, Investor Bersiap Hadapi Resesi
Wall Street Pekan Ini, Investor Bersiap Hadapi Resesi
A A A
JAKARTA - Wall Street menunjukkan tanda-tanda berkembang melampaui kelompok pertumbuhan raksasa dan nama-nama teknologi yang telah memimpin kenaikan tahun ini. Hal itu karena investor mereposisi portofolio yang siap menghadapi resesi yang diperkirakan secara luas.

Selama berbulan-bulan, investor menumpuk ke segelintir perusahaan megacap yang dipandang sebagai taruhan aman di waktu yang tidak pasti, memacu reli yang telah mengangkat S&P 500 hampir 12% tahun ini, terkonsentrasi di sekelompok kecil saham.



Karena ekonomi AS bertahan meskipun suku bunga lebih tinggi, kekhawatiran akan penurunan yang akan segera terjadi memudar. Beberapa investor telah mulai terjun ke area pasar yang sensitif secara ekonomi yang tidak disukai tahun ini termasuk kapitalisasi kecil, saham energi, dan saham industri yang semuanya telah mengalami reli besar-besaran di bulan Juni.

"Kami melihat indikasi bahwa ekonomi akan lebih tahan terhadap angin sakal," kata Tim Murray, ahli strategi pasar modal di divisi multi-aset T Rowe Price. "Ada alasan untuk percaya bahwa pesimisme yang kita lihat di awal tahun memberi jalan ke pasar yang lebih kuat dari perkiraan."

Murray telah meningkatkan alokasinya ke saham-saham berkapitalisasi kecil, yang cenderung menjadi penerima manfaat paling langsung dari pertumbuhan ekonomi. Indeks kapitalisasi kecil Russell 2000 dari perusahaan kapitalisasi kecil (.RUT) telah melonjak 6,6% bulan ini. Indeks naik 5,9% year to date.

Segmen rebound lainnya di bulan Juni termasuk sektor energi S&P 500, yang naik 6% bulan ini dan industri S&P 500, naik 5,7%. Energi turun 7,6% year-to-date, sementara sektor industri naik hampir 4%. Sebaliknya, Nasdaq 100 yang padat teknologi telah naik sekitar 2% bulan ini meskipun kinerja buruk baru-baru ini mengikuti lonjakan hampir 33% tahun ini karena kegembiraan atas perkembangan kecerdasan buatan.

Reli ekuitas yang meluas akan menjadi perkembangan yang disambut baik bagi banyak investor, yang khawatir tentang kepemimpinan pasar yang sempit. Hanya tujuh saham - Apple Inc (AAPL.O), Microsoft Corp (MSFT.O), Alphabet Inc (GOOGL.O), Amazon.com Inc (AMZN.O), Nvidia Corp (NVDA.O), Meta Platforms Inc ( META.O), dan Tesla Inc (TSLA.O) - telah bertanggung jawab atas hampir semua kenaikan S&P 500 tahun ini, menurut data dari Indeks S&P Dow Jones.

"Dominasi semacam ini tidak biasa tetapi Anda mulai melihatnya berbalik," kata Howard Silverblatt, analis indeks senior di S&P Dow Jones Indices.

Sepuluh dari 11 sektor S&P 500 menguat untuk bulan ini hingga saat ini, dibandingkan dengan hanya enam sektor untuk tahun ini. Tanda tambahan bahwa investor melihat lebih jauh dapat dilihat pada luasnya pasar, persentase perdagangan saham S&P 500 di atas rata-rata pergerakan 200 hari mereka mencapai hampir 54% pada hari Jumat, naik dari level terendah 38% pada bulan Maret. Namun, itu masih jauh dari level tertinggi 76% yang dicapai pada bulan Februari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)