Tips Meningkatkan Branding UMKM Ala Grafisatu

Minggu, 18 Juni 2023 - 08:27 WIB
loading...
Tips Meningkatkan Branding UMKM Ala Grafisatu
Dengan desain grafis yang menarik dan profesional, UMKM dapat membangun citra brand yang konsisten sehingga meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Desain grafis memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan bisnis UMKM . Dalam dunia yang semakin kompetitif, desain grafis yang kuat dapat menjadi faktor penentu dalam menciptakan identitas merek dan membedakan bisnis dari pesaing.

Dengan desain grafis yang menarik dan profesional, UMKM dapat membangun citra brand yang konsisten sehingga meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen. Di antara sekian banyak UMKM, banyak pelaku usaha yang belum memahami pentingnya mengkomunikasikan produk melalui desain grafis.



Menurut Owner Grafisatu, Muhammad Asrop menerangkan, banyak di antara mereka terkendala menerapkan desain grafis karena beragam faktor, seperti biaya dan sumber daya manusia.

“Banyak yang menganggap desain grafis itu sesuatu yang sulit dan mahal. Padahal di era teknologi digital seperti saat ini, banyak cara memaksimalkan desain grafis, misalnya membuat logo produk menggunakan aplikasi atau jasa desain,” ujar Asrop.



Ia menambahkan, dalam menciptakan brand yang kuat, desain grafis harus menjadi bagian integral dari sebuah bisnis yang harus dimaksimalkan. Untuk memaksimalkan desain grafis dalam meningkatkan branding, Asrop memberikan sejumlah panduan untuk diterapkan para pelaku usaha.

Pertama adalah dengan mengenali target pasar dan tujuan bisnis. Menurutnya, penting untuk memahami nilai-nilai yang ingin disampaikan dan mentukan identitas merek yang ingin diproyeksikan.

“Dengan pemahaman yang jelas tentang audiens target dan tujuan bisnis, Anda dapat merancang desain grafis yang lebih relevan dan efektif,” ujar pria yang telah merintis usaha layanan jasa desain grafis secara online sejak 2017 lalu.

Selanjutnya pastikan selalu konsisten menerapkan elemen di setiap desain. Gunakan elemen desain yang konsisten seperti warna, tipografi, dan elemen visual lainnya di semua saluran komunikasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2436 seconds (0.1#10.140)