Mengenal 5 Perusahaan Multinasional Favorit Konsumen Indonesia

Kamis, 22 Juni 2023 - 21:04 WIB
loading...
Mengenal 5 Perusahaan Multinasional Favorit Konsumen Indonesia
Perusahaan multinasional merupakan perusahaan yang memiliki banyak anak perusahaan yang berdiri di berbagai negara. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perusahaan multinasional merupakan perusahaan yang memiliki banyak anak perusahaan yang berdiri di berbagai negara . Perusahaan dengan kasta tertinggi tersebut akan bekerja sama dengan perusahaan lokal dan membentuk Perseroan Terbatas (PT).

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia, membuat Indonesia banyak diincar oleh Perusahaan Multinasional untuk mengembangkan pasarnya. Sehingga banyak perusahaan ternama dari Amerika dan benua Eropa pun datang untuk mendirikan anak usahanya.



Kedatangan mereka ke Tanah Air pun disambut dengan berdirinya banyak usaha di berbagai industri, mulai dari makanan, fashion hingga otomotif. Maka tak heran jika produk dari perusahaan multinasional tersebut digandrungi konsumen di Indonesia.

Berikut lima perusahaan multinasional favorit konsumen Indonesia:

1. Unilever

Nama Unilever tentu tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sebab hampir seluruh produknya mudah ditemukan di berbagai pasar tradisional hingga supermarket Indonesia. Sebut saja seperti Rinso, ponds, pepsodent dan masih banyak lagi.

Dikutip dari laman resminya, Unilever didirikan pada 1 Januari 1930 dan masuk pada tanggal 5 Desember 1933. Saat ini Unilever sudah memiliki kantor sendiri yang berlokasi di BSD City Tangerang dengan luas tanah mencapai tiga hektar.

2. Danone

Berdiri pada tahun 1919, Danone pada mulanya adalah produsen makanan jenis yogurt yang beroperasi di Kota Barcelona, Spanyol. Namun seiring kemajuannya, Danone sudah banyak melahirkan merek terkenal di Indonesia seperti Vit, Mizone dan lain-lain.

Meskipun tidak semua produknya masuk dalam kategori top of mind, berbagai produk Danone mengambil pangsa pasar yang tidak bisa dianggap remeh. Hal itu dibuktikan dengan jumlah iklannya yang tidak hanya merambah di televisi saja, namun juga diberbagai media sosial.

3. KFC

KFC merupakan perusahaan multinasional yang didirikan Colonel Harland Sanders pada tahun 1952 dan saat ini sudah memiliki belasan gerai di dunia. KFC mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1979 dengan mendirikan PT Fast Food Indonesia Tbk.

Sejak saat itu, KFC kini sudah memiliki sekitar 700 gerai yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Sejak berada di bawah naungan grup Yum! Restoran Internasional, kini KFC juga mulai memiliki merek baru yaitu, Pizza Hut, A&W, dan Taco Bell.


4. Mondelez

Perusahaan Internasional Mondelez memang asing di telinga sebagian masyarakat Indonesia. Namun, ketika mendengar nama merek produknya seperti Biskuat, Kraft, Cadbury dan Toblerone tentu langsung sekejap mengenalnya.

Mondelez berdiri pada tahun 1923 dengan nama National Dairy dan berubah menjadi Mondelez Internasional pada tahun 2012. Mondelez Indonesia sendiri memiliki berkantor pusat di Jakarta dan memiliki dua pabrik yang berada di Cikarang dan Bandung.

5. Coca Cola

Sejak berdiri pada tahun 1886, Coca Cola berkembang dan merajai minuman soda dengan nama merek dagang yang sama. Namun dalam perkembangannya, kini Coca Cola sudah memiliki banyak merek dagang seperti Fanta, Sprite, Minute Maid, serta Ades.

Masuknya Coca Cola di Indonesia diketahui sejak tahun 1927. Kini Coca Cola Indonesia berdiri di bawah naungan PT Coca Cola Amatil Indonesia dan sudah memiliki lebih dari 11 pabrik yang beroperasi di berbagai provinsi di Indonesia.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)