Badan Otorita Siapkan Warga Kaltim Agar Tak Jadi Penonton Saat IKN Sudah Terbangun

Senin, 26 Juni 2023 - 08:45 WIB
loading...
Badan Otorita Siapkan Warga Kaltim Agar Tak Jadi Penonton Saat IKN Sudah Terbangun
Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN, Alimuddin mengatakan, OIKN akan menyiapkan tempat bagi pelaku usaha lokal untuk menjual produk-produknya di IKN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mulai lakukan sosialisasi dan pendampingan bagi pelaku usaha lokal di kawasan Ibu Kota Nusantara ( IKN ). Kegiatan ini dilakukan untuk menyiapkan agar masyarakat lokal tidak hanya menjadi penonton ketika IKN semakin ramai nanti.



Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN, Alimuddin mengatakan, OIKN akan menyiapkan tempat bagi pelaku usaha lokal untuk menjual produk-produknya di IKN.

"Kita berharap ketika ini nanti sudah selesai semua, kita ada sebuah tempat rest area, ibu-ibu sekalian kita siapkan tempatnya dan undang penonton supaya ramai,” ujar Alimuddin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/6/2023).



Kepala OIKN Bambang Susantono menegaskan, bahwa OIKN bertekad akan terus mendorong tumbuhnya usaha mikro kecil menengah di IKN. Harapannya dengan adanya fasilitas khusus untuk warga di sekitar Kaltim (Kalimantan Timur) tersebut bisa membuat para pelaku UMKM memiliki pasar yang lebih luas.

"Saya menganggap (UMKM) ini soko guru atau tiang utama dari ekonomi Nusantara ke depan. Ibu-Bapak sekalian akan mendapatkan pelatihan, diberikan jalur atau cara bagaimana supaya bisa, tidak hanya di lingkungan Nusantara ataupun PPU, ataupun Kalimantan Timur, tapi bahkan secara nasional atau bahkan ekspor, luar biasa menurut saya, insyaAllah ibu-bapak sekalian dapat kita wujudkan,” paparnya.

Kepala OIKN juga menjelaskan bahwa di dalam PP No.12 Tahun 2023 yang sudah disahkan, pemerintah menyiapkan insentif dan kemudahan berusaha di IKN, salah satunya memberi insentif bagi UMKM.

“Untuk UMKM pajak penghasilan finalnya 0%. Ini bisa menjadi salah satu untuk memotiviasi ibu-bapak sekalian untuk sesegera mungkin, jangan tunggu yang lain-lain, sesegera mungkin, kita sudah berlayar menjadi satu pemain tidak hanya kelas kabupaten/kota, tidak hanya kelas provinsi, tapi kelas nasional dan insyaallah kelas internasional," kata Bambang.

Bambang berharap agar IKN akan menjadi tempat persemaian bagi UMKM. Melahirkan pelaku usaha baru dengan support teknologi dan akses pasar yang lebih baik dari sebelumnya. “Tempat persemaian itu bapak-ibu tumbuh dari mikro, dari kecil, menengah, insyaallah menjadi menjadi pengusaha besar," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4476 seconds (0.1#10.140)