Ingin Tiap Tahun Bisa Ibadah Kurban? Simak Yuk Tipsnya

loading...
Ingin Tiap Tahun Bisa Ibadah Kurban? Simak Yuk Tipsnya
Tips mudah menabung untuk membeli hawan kurban tiap tahun. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh kaum muslimin untuk berbondong-bondong melaksanakan ibadah penyembelihan sapi mauapun kambing. Namun memang terkadang hanya sebatas keinginan karena untuk mewujudkan terkadang berat karena uang yang sudah disisihkan selama setahun tiba-tiba harus keluar untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: 5 Langkah Atur Keuangan Pribadi di Era New Normal

Nah, sejumlah pakar keuangan pun memberikan tips supaya nawaitu kamu untuk ibadah tetap bisa diwujudkan setiap tahunnya.
Salah satunya pemberi saran ialah Perancang Keuangan Eko Endarti. Ia memberikan cara mudah agar kamu bisa berkurban di memperingati Hari Raya Idhul Adha. Menurut dia salah satu caranya ialah memang harus dipaksa membuat tabungan khusus atau pos perancangan keuangan untuk mmebeli hewan kurban.

"Sebelum menabung untuk mmebeli hewan kurban, anda harus rajin menyisihkan sedikit uang penghasilan yang anda terima agar bisa membeli hewan kurban. Pembuatan tabungan ini perlu direncangkan awal dan lama agar uang bisa terkumpul," kata Eko saat berbincang dengan SINDOnews, diJakarta, Minggu (26/7/2020).

Baca Juga: Simak Yuk, Tips Mudah Menjaga Investasi Saat Krisis

Berikut tips dapat uang tambahan untuk membeli hewan kurban:



1. Arisan kurban

Arisan kurban juga bisa jadi salah satu strategi. Pernah mencobanya? Jika belum, cobalah ajak teman-teman atau keluarga untuk mengadakan arisan ini. Besarannya tentu menyesuaikan jumlah orang yang ikut dalam arisan ini.Secara umum, arisan kurban ini tak jauh berbeda jika kamu memilih membuka tabungan khusus kurban di lembaga zakat atau bank. "Karena sama-sama menyisihkan uang secara rutin setiap bulan," katanya.

2. Menabung secara mandiri

Menabung secara mandiri juga bisa jadi pilihan. Namun, perlu komitmen kuat disiplin, menyisihkan uang setiap bulan dan tak mengganggu gugat tabungan untuk berkurban. "Jadi tidak ada salahnya menyisihkan di rekening yang sudah kamu miliki tanpa membuat kembali rekening baru," jelasnya.



3. Menyisihkan uang setiap hari

Salah satu cara lainnya biar berhasil adalah dengan menyimpan uang di tempat tersembunyi. Kalau disimpan di tempat yang nggak kelihatan, gimana cara menabungnya? Maksudnya tempatkan di sebuah wadah yang sulit untuk diambil. Misalnya, celengan. "Cara konvensional dengan menabung di celengan juga bisa jadi alternatif," tandasnya.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top