Menhub Dorong Operator Transportasi Perbanyak Promo Tarif

Selasa, 27 Juni 2023 - 10:51 WIB
loading...
Menhub Dorong Operator Transportasi Perbanyak Promo Tarif
Kemenhub bersama pihak terkait memberikan promo tarif untuk LRT Palembang pada 1 Juli mendatang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi para operator transportasi dan pihak terkait yang telah menyelenggarakan program promo tarif angkutan umum di hari-hari besar nasional ataupun keagamaan. Menurutnya, program promo tarif akan semakin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan massal.



Salah satu program promo tarif angkutan massal dilakukan Kemenhub bersama Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumsel Ditjen Perkeretaapian, Polrestabes Palembang, dan PT KAI dengan menyelenggarakan program naik LRT Sumsel secara gratis yang berlaku satu hari, yaitu pada 1 Juli 2023. Promo digelar juga dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-77.

Syarat untuk bisa mengikuti program ini cukup mudah, yaitu masyarakat cukup menunjukkan surat izin mengemudi (SIM) yang masih berlaku. Selain itu bagi anggota POLRI/TNI juga bisa mengikuti program ini dengan menunjukkan kartu tanda anggota (KTA).

“Saya mendorong operator transportasi dan pihak-pihak terkait lainnya untuk memperbanyak program seperti ini, sehingga masyarakat terbiasa dan merasakan nikmatnya naik transportasi umum. Setelah mengetahui enaknya naik transportasi umum seperti LRT, maka perlahan dari yang tadinya naik kendaraan pribadi diharapkan akan beralih ke transportasi umum,” ujar Menhub dalam keterangan tertulis, Selasa (27/6/2023).

Sebelumnya, program serupa juga dilakukan pada saat memperingati hari ulang tahun Kota Palembang ke-1.340 pada 17 Juni 2023 lalu. Antusiasme masyarakat pun cukup tinggi untuk mengikuti program ini. Tercatat sebanyak 38 ribu lebih penumpang LRT Sumsel yang mengikuti program naik LRT Sumsel gratis.

Program serupa juga dilakukan di daerah lainnya, seperti misalnya program diskon tiket kereta api jarak jauh hingga 25% yang dilakukan PT KAI saat libur sekolah, dan program tarif Rp1 saat HUT Jakarta ke-496 yang dilakukan Transjakarta, LRT Jakarta, dan MRT Jakarta.



Selain di sektor darat dan perkeretaapian, di sektor udara juga dilakukan program serupa yakni program travel fair yang diselenggarakan oleh maskapai Garuda Indonesia yang memberikan harga tiket pesawat promo kepada penumpang menyambut hari libur sekolah.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)