Harga Daging Ayam Masih Mahal, Yerry Tawalujan: Bapanas dan Kemendag Jangan cuma Lihat Data di Atas Kertas

Senin, 03 Juli 2023 - 18:25 WIB
loading...
Harga Daging Ayam Masih Mahal, Yerry Tawalujan: Bapanas dan Kemendag Jangan cuma Lihat Data di Atas Kertas
Perindo minta Bapanas dan Kemendag kendalikan harga daging ayam. Foto/AldhiChandra/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Bidang Sosial dan Kesejahteraan Rakyat Partai Perindo Yerry Tawalujan menyoroti masih tingginya harga daging ayam meski berangsur turun. Yerry memaparkan, di beberapa pasar basah di Jakarta, harga daging ayam utuh dijual berkisar antara Rp45.000 sampai Rp47.000 per kilogram (kg), seperti di Pasar Rawabadak-Tanjung Priok Rp45 ribu per kg dan di Pasar Slipi dijual di kisaran Rp47 ribu per kg.



Yerry Tawalujan--yang merupakan bacaleg DPR RI dari Partai Perindo Dapil Sulawesi Utara itu-- menyebutkan, dibanding bulan Oktober 2022, harga daging ayam berkisar antara Rp32 ribu sampai Rp34 ribu per kg dan bertahan hingga libur Natal dan Tahun Baru.

"Menjelang libur Lebaran harga daging ayam sudah di atas Rp42 ribu per kg, dan Iduladha kemarin mencapai Rp51 ribu per kg. Artinya ada yang harus dibereskan dengan mahalnya harga daging ayam," ujar Yerry, Senin (3/7/2023).

Politisi Partai Perindo--partai yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 --itu meminta Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk mengatur mekanisme pemantauan dan penetapan harga pasar untuk daging ayam.

"Kami meminta Badan Pangan Nasional atau Bapanas dan Kementerian Perdagangan untuk mengatur benar regulasi tata niaga daging ayam, telur, dan bahan pokok lainnya. Kami optimistis harga dapat dikendalikan dan diatur asalkan Bapanas dan Kemendag mau kerja ekstra-keras dan rajin blusukan, turun ke lapangan untuk pantau harga," ungkap Yerry.

"Bapanas dan Kemendag jangan hanya duduk di belakang meja dan puas lihat data di atas kertas. Kenyataan di lapangan berbeda," sambungnya.

Menurut data dari laman Bapanas hari ini, Senin (3/7/2023), harga daging ayam Rp38.690 per kg. Fakta di lapangan harganya Rp45-47 ribu per kg. Data Bapanas harga telur ayam Rp30.530 per kg, sedangkan di pasar Rawabadak, Jakarta Utara, harga telur ayam Rp32 ribu per kg.



"Kami sangat berharap pihak Bapanas dan Kemendag dapat lakukan terobosan untuk segera mengatur mekanisme pengendalian harga daging ayam, telur dan komoditas bahan pokok lainnya," pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2889 seconds (0.1#10.140)