PPI Lepas Ekspor 27,4 Ton Rumput Laut ke China

Rabu, 05 Juli 2023 - 23:59 WIB
loading...
PPI Lepas Ekspor 27,4 Ton Rumput Laut ke China
PPI lepas ekspor rumput laut ke China. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia ( PPI ), member of ID Food, melepas ekspor rumput laut jenis seaweed eucheuma spinosum sebanyak 27,4 ton ke China, pada Rabu, (5/7/2023). Pelepasan ini dilakukan oleh Direktur Komersial ID Food Nina Sulistyowati dan Direktur Komersial & Pengembangan PPI Edhy Rizwan.



Jenis rumput laut yang diekspor adalah jenis Seaweed Eucheuma Spinosum, yang merupakan jenis gangga merah yang dibudidayakan di laut Indonesia. Rumput laut yang diekspor ini berasal dari Bau Bau, Sulawesi Tenggara. Sebelumnya, PPI juga telah mengekspor rumput laut jenis Dried Eucheuma Cottoni ke Korea Selatan. Aktivitas ini dimaksudkan dalam rangka mendukung peningkatan perekonomian Indonesia.

Indonesia memiliki sumber keanekaragaman hayati laut berupa spesies rumput laut yang dapat dibudidayakan, yakni jenis Seaweed Eucheuma Cottoni, Seaweed Eucheuma Spinosum, dan Seaweed Gracilaria Sp.

"PPI berkomitmen dalam mengekspansi ekspor bisnis rumput laut dengan mendorong perdagangan mancanegara pada rantai nilai global," ujar Edhy Rizwan, Direktur Komersial dan Pengembangan PPI.

PPI bekerja sama dengan CV Delton dalam menjajaki pasar ekspor untuk produk rumput laut tersebut, juga melalui kerja sama dengan petani lokal yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, mengekspos potensi komoditi Indonesia dalam memenuhi permintaan rumput laut di luar negeri.



Ke depannya, PPI akan terus berusaha mengembangkan potensi ekspor lain dari Indonesia ke China yang didukung pada posisi PPI dalam holding BUMN Pangan ID Food sebagai agregator perdagangan dan logistik.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)