Kejar Target Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5,5%, Menko Airlangga Jadikan Infrastruktur Penopang

Senin, 17 Juli 2023 - 15:54 WIB
loading...
Kejar Target Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5,5%, Menko Airlangga Jadikan Infrastruktur Penopang
Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menargetkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tumbuh di atas 5,5% selepas tahun 2024. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menargetkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tumbuh di atas 5,5% selepas tahun 2024. Dia juga mengatakan, pembangunan infrastruktur khususnya melalui Proyek Strategis Nasional (PSN) akan mendukung tercapainya target ambisius tersebut.

"Tentu dengan pengembangan proyek, ini kan diselesaikan infrastrukturnya, waduk, listrik," ucap Menko Airlangga dalam Konferensi Pers PSN Jawa Tengah (Jateng) di Jakarta, Senin (17/7/2023).



Sehingga dari infrastruktur ini, dia berharap kawasan industri di utara Jawa akan menjadi super corridor, mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Tengah. "Dengan diproteksinya Pantai Utara dari landslide dengan dibangunnya bendungan mulai dari Tegal, Brebes, sampai dengan Semarang, itu kalau terintegrasi ditarik ke Jawa Barat, maka potensi ekonominya luar biasa," ucap Airlangga.



Dengan perkembangan tersebut, dia mengejar pertumbuhan ekonomi Indonesia sesudah 2024 harus dipacu di atas 5,5%. "Jadi itu infrastruktur yang dibutuhkan untuk memacu perekonomian tumbuh di atas 5,5%," ungkap Airlangga.

Sebagai informasi dalam rapat hari ini bersama Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Menko Airlangga membahas terkait progress 37 PSN di Jawa Tengah dengan nilai investasi Rp258,76 triliun.

Adapun sejumlah PSN di Jateng yang telah beroperasi antara lain Jalan Tol Trans Jawa, PLTU Batang, Waduk Cicaban, Bendungan Randugunting, Bendungan Pidekso, dan Bandara Ngloram. Sementara itu, yang beroperasi sebagian contohnya adalah Tol Semarang-Demak.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)