Rusia Bergerak Merebut Kendali Perusahaan Barat, Kali Ini Danone dan Carlsberg

Kamis, 20 Juli 2023 - 02:21 WIB
loading...
Rusia Bergerak Merebut Kendali Perusahaan Barat, Kali Ini Danone dan Carlsberg
Rusia telah mengambil alih anak perusahaan pembuat yoghurt, Danone dan perusahaan bir, Carlsberg. Unit-unit ini telah dimasukkan ke dalam manajemen sementara yang dikendalikan negara. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Rusia telah mengambil alih anak perusahaan pembuat yoghurt, Danone dan perusahaan bir , Carlsberg. Unit-unit ini telah dimasukkan ke dalam 'manajemen sementara' yang dikendalikan negara, di bawah perintah baru yang ditandatangani oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.



Moskow sendiri telah memperkenalkan aturan pada awal tahun ini yang memungkinkannya untuk menyita aset perusahaan dari negara-negara tidak bersahabat. Hal ini terjadi setelah banyak perusahaan menghentikan bisnis mereka di Rusia setelah invasinya ke Ukraina.



Danone dan Carlsberg diketahui sedang dalam proses menjual operasional mereka di Rusia. Perintah tersebut menempatkan saham Danone Rusia dan Baltika Breweries milik Carlsberg di bawah kendali agen properti Rusia, Rosimushchestvo.

Danone yang berbasis di Prancis, memulai proses untuk menjual bisnisnya di Rusia sejak Oktober lalu, mengatakan pihaknya "saat ini sedang menyelidiki situasi yang terjadi".

Perusahaan menambahkan, bahwa pihaknya "bersiap untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi hak-haknya sebagai pemegang saham Danone Rusia, dan kelangsungan bisnisnya".

Sementara, Carlsberg mengaku belum menerima "informasi resmi dari pihak berwenang Rusia mengenai keputusan presiden tentang konsekuensi untuk Baltika Breweries".

Produsen bir asal Denmark juga menambahkan, telah menyelesaikan "proses ekstensif" untuk memisahkan unit Rusia dari sisa perusahaan. Bulan lalu, perusahaan menandatangani perjanjian untuk menjual Baltika Breweries, tetapi belum menyelesaikan kesepakatan.

"Setelah keputusan presiden, prospek untuk proses penjualan ini sekarang sangat tidak pasti," tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5550 seconds (0.1#10.140)