Survei: Manfaat Kesejahteraan yang Didapat Karyawan di Indonesia Belum Optimal

Kamis, 20 Juli 2023 - 09:04 WIB
loading...
Survei: Manfaat Kesejahteraan yang Didapat Karyawan di Indonesia Belum Optimal
Perlindungan kesehatan dan manfaat kesejahteraan bagi karyawan masih menjadi PR bagi perusahaan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Perlindungan kesehatan dan manfaat kesejahteraan bagi karyawan masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang besar bagi perusahaan di Indonesia. Hal itu terungkap dalam hasil suvei yang tertuang dalam laporan bertajuk “Health on Demand 2023” yang dirilis konsultan Mercer Marsh Benefits, unit bisnis dari Marsh McLennan, baru-baru ini.



Survei dilakukan kepada lebih dari 17.500 karyawan di 16 pasar global, dengan sebanyak lebih dari 5.200 di antaranya berasal dari Asia. Riset ini berfokus pada prioritas kesehatan dan kesejahteraan yang didapat para karyawan, sehingga ke depannya diharapkan perusahaan bisa berupaya memenuhi kebutuhan karyawan dengan lebih baik lagi.

Dari laporan tersebut terungkap bahwa relevansi dan nilai dari manfaat kesejahteraan merupakan sebuah isu bagi karyawan di Tanah Air. Di kawasan Asia, karyawan di Indonesia (26%) tercatat memiliki tingkat stres paling rendah dalam kehidupan sehari-hari, lebih rendah dari rata-rata karyawan di Asia (44%).

Namun, hampir sebagian dari mereka (45%) mengaku pernah bekerja saat kondisi mental yang tidak sehat. Untuk meningkatkan kesehatan mental karyawan, dibutuhkan solusi dan manfaat kesejahteraan yang inovatif.

Di Indonesia, merujuk laporan tersebut, layanan yang ditargetkan untuk kesehatan mental anak muda (46%), pelatihan untuk mengenali dan mengatasi tantangan kesehatan mental (41%), serta asuransi atau program untuk meringankan beban biaya perawatan kesehatan mental dan konseling virtual dengan terapis (39%), dirasa akan bermanfaat bagi karyawan maupun keluarganya.

Selain itu, laporan tersebut juga menunjukkan adanya korelasi positif antara penawaran manfaat kesejahteraan yang lebih banyak dengan tingkat kepuasan karyawan. Terungkap bahwa karyawan yang mendapatkan 10 atau lebih manfaat kesejahteraan lebih cenderung percaya bahwa perusahaan memperhatikan aspek kesehatan dan kesejahteraan mereka. Mereka juga merasa lebih berkembang dalam melakukan peran dan tanggung jawab di tempat kerja dan lebih kecil kemungkinannya untuk meninggalkan perusahaan tersebut.

Managing Director Mercer Marsh Benefits Indonesia, Wulan Gallacher, mengatakan, biaya perawatan kesehatan yang meningkat, harapan karyawan pasca Covid-19 yang berubah, dan pergeseran demografi di Indonesia saat ini memengaruhi strategi akuisisi dan retensi talenta yang diterapkan oleh perusahaan.

“Perusahaan yang memahami kebutuhan karyawannya dapat menciptakan perubahan inklusif dan berdampak bagi kesejahteraan dan kepuasan tenaga kerja mereka secara keseluruhan,” ujarnya melalui siaran pers, dikutip Kamis (20/7/2023).

Tak hanya itu, karyawan yang mendapatkan 10 atau lebih manfaat kesejahteraan juga lebih yakin bahwa mereka mampu membayar biaya perawatan kesehatan yang dibutuhkan keluarga mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)