Di Usia yang ke-34 Tahun, DBS Indonesia Terus Intergasikan ESG pada Setiap Lini Bisnis

Minggu, 30 Juli 2023 - 19:01 WIB
loading...
Di Usia yang ke-34 Tahun, DBS Indonesia Terus Intergasikan ESG pada Setiap Lini Bisnis
DBS FUN RACE sebagai wujud perusahaan terapkan ESG. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bank DBS Indonesia berhasil menciptakan inovasi teknologi dalam industri perbankan. Salah satunya dengan meluncurkan aplikasi digibank by DBS pada 2017 yang saat ini telah berkembang menjadi full-fledged digital banking dengan fitur lengkap dan kompetitif.



Direktur Utama DBS Indonesia, Lim Chu Chong. Pada 2023, mengatakan seiring dengan meningkatnya pengguna aktif aplikasi, saldo dana pihak ketiga (DPK) pun mengalami peningkatan sebanyak dua kali lipat dalam dua tahun terakhir, serta pertumbuhan saldo investasi sebesar 60% dibandingkan dengan tahun 2022.

Lim menambahkan, tidak hanya berfokus pada inovasi teknologi, Bank DBS Indonesia juga mengintegrasikan faktor environment, social, dan governance (ESG) pada setiap lini bisnisnya sebagai perwujudan dari pilar keberlanjutan pertama yaitu Responsible Banking.

Hingga bulan Mei 2023, Bank DBS Indonesia mencatatkan pertumbuhan pendanaan hijau sebesar Rp3,9 triliun atau meningkat 249% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022 yang disalurkan pada sektor real estate dan energi. Sedangkan untuk bisnis ritel, sebagai salah satu pelopor perbankan digital di Indonesia, Bank DBS Indonesia fokus memperkaya pilihan produk investasi saham ataupun reksa dana bertema ESG pada aplikasi digibank.

"Bank DBS Indonesia juga mengedepankan pengalaman perbankan yang menyenangkan untuk karyawan melalui konsep F3W: Future of work yakni cara bank menciptakan fleksibilitas aturan kerja, future of workforce yang mengedepankan pengembangan sumber daya manusia (SDM), serta future of workplace untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif," jelas Lim.

Upaya tersebut diakui oleh HR Asia yang baru-baru ini menobatkan Bank DBS Indonesia sebagai Best Place to Work

Dalam rangka memperingati hari ulant tahun ke-34, DBS Indonesia menyelenggarakan DBS FUN RACE, sebuah lomba untuk berlari atau berjalan sejauh 55 km, serta aksi sukarela membersihkan sampah di car free day (CFD) Jakarta pada hari ini, Minggu (30/7/2023).

Bank DBS Indonesia menitikberatkan perayaan hari jadinya pada aksi nyata yang berdampak bagi lingkungan dan memberdayakan masyarakat. Seluruh komitmen Bank DBS Indonesia ESG dirangkum dalam tiga pilar keberlanjutan Bank DBS Indonesia, yaitu Responsible Banking, Responsible Business Practice, dan Impact Beyond Banking.

"Dalam waktu kurang dari satu jam, karyawan Bank DBS Indonesia berhasil mengumpulkan 83 kg sampah. Kegiatan ini semakin memperkuat posisi Bank DBS Indonesia sebagai bank yang digerakkan oleh tujuan positif atau purpose-driven bank dalam visinya untuk menjadi Best Bank for a Better World," tandas Lim.



Selain membersihkan sampah di area CFD, Bank DBS Indonesia juga mengajak peserta untuk ikut melakukan sejumlah kegiatan sukarela lainnya seperti donasi makanan kepada masyarakat marjinal serta panti asuhan di beberapa kota dan kegiatan upcycling workshop bersama Setali dimana peserta mendapatkan kesempatan untuk mendaur ulang kain bekas menjadi barang yang mempunyai nilai guna seperti tote bag.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)