Tekan Polusi, 100 Bus Listrik Transjakarta akan Beroperasi Tahun Ini

Senin, 14 Agustus 2023 - 20:57 WIB
loading...
Tekan Polusi, 100 Bus Listrik Transjakarta akan Beroperasi Tahun Ini
TransJakarta terus menambah jumlah armada bus listriknya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Transportasi Jakarta ( TransJakarta ) menargetkan 100 bus bertenaga listrik beroperasi di jalanan Ibu Kota. Upaya itu untuk menekan tingginya polusi udara yang dihasilkan transportasi berbahan bakar minyak.



Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta, Wibowo, mengatakan pengoperasian bus listrik mampu menekan polusi udara, lantaran adanya pengalihan kendaraan dari BBM ke listrik.

"Bus ini ramah lingkungan sesuai dengan komitmen untuk menekan biaya transportasi serta pengendalian polusi udara,” katanya kepada media, Senin (14/8/2023).

TransJakarta sudah mengoperasikan 52 bus listrik dari 100 yang ditarget beroperasi pada 2023. Pengoperasian bus listrik berkapasitas 50 penumpang dengan 33 kursi itu, ditujukan untuk mengurangi emisi pembuangan gas kendaraan.

Seluruh bus listrik baru tersebut disediakan oleh mitra operator PT Transportasi Jakarta, PT Mayasari Bakti. Bus-bus listrik itu banyak dioperasikan di rute tengah. Di antaranya rute nonBRT 1P Pasar Senen-Blok M ataupun 1R Pasar Senen-Tanah Abang.

Saat ini, bus-bus listrik lebih banyak melayani wilayah selatan Jakarta. Di antaranya rute D21 Lebak Bulus-Universitas Indonesia, rute 4B Stasiun Manggarai-Universitas Indonesia, ataupun 1E Pondok Labu-Blok M.

Menurutnya, langkah yang diambil TransJakarta mampu memperbaiki transportasi agar tidak menimbulkan polusi udara. “Kemudian kita juga lagi benar-benar giat untuk menata rute agar tepat sasaran dalam mengurangi emisi. Itu kan jadi bagian dalam pengurangan polusi,” katanya.

Sejauh ini, Indeks Kualitas Udara (AQI) di Jakarta belakangan ini menunjukkan kondisi yang memilukan. Secara real-time, rata-rata kondisi udara di Jakarta berada pada status tidak sehat bagi kelompok sensitif, bahkan beberapa waktu lalu terburuk di dunia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kendaraan bermotor khusus di DKI Jakarta saja mencapai sekitar 21,8 juta unit pada akhir 2022. Menurut laporan tersebut, selama periode 2020-2022 jumlah mobil penumpang di ibu kota sudah bertambah 1,6 jutaan unit.



Kendaraan bermotor tercatat menjadi penyebab signifikan dari polusi udara di Jakarta, mencakup sekitar 57% dari total polutan. Dari presentasi tersebut, hampir 98% berasal dari kendaraan pribadi yang beroperasi di jalan-jalan ibu kota.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)