China Bakal Salip Jepang Sebagai Eksportir Mobil Nomor 1 Dunia

Selasa, 15 Agustus 2023 - 13:00 WIB
loading...
China Bakal Salip Jepang Sebagai Eksportir Mobil Nomor 1 Dunia
Ekspor mobil China diperkirakan bakal melampaui Jepang pada akhir tahun ini. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Moody's Analytics memperkirakan China bakal menyalip Jepang sebagai eksportir otomotif terbesar dunia pada akhir tahun 2023. Jepang merupakan eksportir mobil peringkat 1 global sejak 2019.

"China membuat kemajuan melalui pandemi saat menyalip Korea Selatan pada 2021 dan Jerman pada 2022, menjadikannya pengekspor mobil terbesar kedua," kata lembaga pemeringkat kredit itu dalam sebuah laporan pekan lalu, seperti dilansir CNBC, Selasa (15/8/2023).



Laporan itu menyebutkan, China mendekati Jepang, dengan kekurangan rata-rata sekitar 70.000 mobil per bulan pada kuartal kedua Juni, dibandingkan dengan hampir 171.000 pada periode yang sama tahun lalu. "Dengan kecepatan ini, China berada di jalur untuk menyalip Jepang pada akhir tahun ini," tulis ekonom Moody.

Lonjakan permintaan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) membuat ekspor mobil secara keseluruhan dari China melampaui tingkat yang terlihat sebelum pandemi. Pada paruh pertama tahun 2023, penerimaan ekspor EV China meningkat dua kali lipat dari periode yang sama tahun lalu. Sebagai perbandingan, ekspor mobil secara keseluruhan dari Jepang dan Thailand - yang mencakup kendaraan tradisional dan EV - belum kembali ke tingkat sebelum pandemi.

China memiliki keunggulan kompetitif dalam produksi sel baterai lithium-ion, yang disebut Moody's sebagai faktor yang memberikan keunggulan bagi pembuat mobilnya dalam hal biaya produksi EV.

Menurut proyeksi Moody, China menghasilkan lebih dari setengah pasokan lithium dunia, berkat biaya tenaga kerjanya yang rendah dibandingkan dengan saingannya Jepang dan Korea Selatan. China juga menawarkan lebih dari setengah kapasitas smelter logam dunia.



Kecepatan China merangkul teknologi baru dalam industri otomotif diakui tidak tertandingi. Alhasil, beberapa perusahaan otomotif terbesar di dunia telah mendirikan fasilitas produksi di China, termasuk Tesla dan BMW. Namun, Moody's mencatat bahwa merek asing tidak mengalahkan merek lokal seperti Chery dan SAIC.

Kawasan Asia-Pasifik, yang merupakan rumah bagi beberapa negara pengekspor otomotif terbesar di dunia seperti Korea Selatan, China, dan Jepang, telah mengalami pemulihan beragam dalam ekspor otomotif.

Namun, EV menyumbang hampir 30% dari semua mobil penumpang yang terjual di seluruh dunia tahun lalu, dibandingkan dengan kurang dari 5% sebelum pandemi. Menurut Badan Energi Internasional pada bulan April, penjualan mobil EV melonjak menjadi lebih dari 10 juta pada tahun 2022, di mana China memimpin dan menguasai sekitar 60% pasar.

Moody's mengaitkan peningkatan permintaan EV sebagian dengan diskon harga yang besar oleh pabrikan China, serta dukungan pemerintah. Misalnya, pajak pembelian 10% untuk mobil baru telah dibebaskan untuk kendaraan listrik sejak 2014.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)