Satgas PEN Dorong Percepatan Perbaikan Ekonomi Lewat UMKM

Kamis, 30 Juli 2020 - 08:07 WIB
loading...
Satgas PEN Dorong Percepatan Perbaikan Ekonomi Lewat UMKM
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terus berupaya untuk bisa mempercepat perbaikan dalam bidang ekonomi. Sebagai langkah awal, satgas telah mempersiapkan dua program yang ditargetkan bagi UMKM .

Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kedua program tersebut adalah penyaluran bantuan UMKM produktif dan penyaluran kredit usaha dengan subsidi bunga. “Target penerima bantuan ini adalah 12 juta UMKM mikro dan ultramikro dengan bantuan sebesar Rp2,4 juta per pelaku usaha,” kata Budi di Jakarta, kemarin. (Baca: Program Bantuan Produktif UMKM Dikawal Ketat Satgas Pemulihan Ekonomi)

Kedua program tersebut dijalankan di luar program-program bantuan sosial, seperti misalnya Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Kartu Sembako yang selama ini sudah berjalan dengan baik. “Bapak Presiden, Bapak Menko Perekonomian, dan Bapak Menteri BUMN memberi pesan kepada kami bahwa bantuan sosial ini harus dipercepat, ditingkatkan penetrasinya, dan juga disalurkan menjadi bantuan sosial yang sifatnya produktif,” ungkap dia.

Oleh sebab itu, pihaknya mendorong penyaluran bantuan UMKM produktif yang ditargetkan untuk 12 juta UMKM termasuk yang belum terakses kredit perbankan. Budi juga menjelaskan mengenai penyaluran kredit usaha dengan subsidi bunga. (Baca juga: Koperasi Jangan Sampai Goyah Demi Selamatkan Ekonomi Nasional)

Program yang berkesinambungan dengan program pertama tersebut ditujukan kepada pelaku usaha yang terdampak Covid-19. Pelaku usaha nanti diberikan pinjaman sebesar Rp2 juta dengan tenor 12 bulan dan suku bunga pinjaman 0%.

“Kami juga diberikan amanat untuk bisa membantu pegawai UMKM termasuk mereka yang di–PHK dan yang sifatnya rumah tangga. Pihak-pihak ini kami bantu dengan penyaluran kredit berbunga yang rendah dan subsidi bunga untuk UMKM. Hal ini dilakukan agar mereka terus bisa berusaha di tataran keluarga,” ujar Budi. (Kunthi Fahmar Sandy)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1006 seconds (0.1#10.140)