BI Optimistis Ekspor Indonesia Tahun Ini Cerah

Sabtu, 18 Februari 2017 - 16:28 WIB
BI Optimistis Ekspor Indonesia Tahun Ini Cerah
BI Optimistis Ekspor Indonesia Tahun Ini Cerah
A A A
BANDUNG - Bank Indonesia (BI) optimistis kinerja ekspor Indonesia tahun ini akan meningkat tajam. Hal ini seiring perbaikan yang terjadi pada harga komoditas di tingkat global.

Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Yoga Affandi mengungkapkan, meningkatnya harga komoditas di pasar global terjadi karena ekonomi China yang mulai mengalami pemulihan. Akibatnya, permintaan komoditas dari China pun kembali bergairah.

"Harga komoditas di kuartal IV membaik. Salah satunya karena permintaan China kembali meningkat. Ini berkah buat Indonesia karena kita sebagian besar ekspor kita itu komoditas," katanya dalam acara Pelatihan Wartawan Ekonomi di Bandung, Sabtu (18/2/2017).

Berdasarkan data yang dimiliki BI, harga batu bara diperkirakan akan melonjak 21,5% tahun ini. Selain itu, harga timah juga diproyeksi naik menjadi 15,2%, harga alumunium naik 13,5%, karet dan tembaga yang masing-masing mengalami peningkatan mencapai 12,8% dan 12,4%.

Menurutnya, kenaikan harga komoditas akan memberikan sentimen positif, terutama bagi pergerakan nilai tukar rupiah ke depan. Apalagi, proyeksi tersebut telah tercermin dari wilayah penghasil komoditas yang mencatatkan pertumbuhan positif di kuartal IV/2016.

"Kami cukup optimis, harga komoditas bisa memperbaiki penerimaan ekspor nonminyak dan gas. Ini akan menyumbang penguatan nilai tukar rupiah," terang Yoga.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7288 seconds (0.1#10.140)