Petinggi OJK Ungkap Kriteria yang Harus Dipenuhi Ketua Umum AFPI

Kamis, 07 September 2023 - 16:45 WIB
loading...
Petinggi OJK Ungkap Kriteria yang Harus Dipenuhi Ketua Umum AFPI
OJK mengungkap kriteria calon ketua umum AFPI. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Seiring dengan akan berakhirnya masa jabatan Ketua Umum AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) periode 2020-2023, para anggota AFPI yang terdiri dari 102 perusahaan fintech lending berizin dari OJK akan memilih ketua umum baru pada Munas AFPI yang akan diselenggarakan pada awal Oktober 2023.



Menyikapi situasi itu, Kepala Departemen Pengawasan Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK Edi Setijawan memaparkan, kriteria ideal ketua umum AFPI selanjutnya, di antaranya individu yang bisa menjadi partner OJK yang tepercaya dan mampu mengelola big data industri yang ada dengan baik.

Selain itu sosok tersebut juga harus cakap dan mampu melakukan penguatan tata kelola industri dan juga pengenalan atau edukasi kepada masyarakat mengenai manfaat fintech lending untuk tujuan produktif. AFPI juga harus bisa memberikan manfaat kepada para anggotanya.

“Kemampuan itu diperlukan, agar pelaku usaha mampu menghadapi tantangan industri fintech lending ke depannya. Karena menurutnya, tantangan ke depan bukan hanya soal menyalurkan pembiayaan, tetapi juga mengupayakan masyarakat agar bisa menggunakan pembiayaan untuk hal yang produktif,” jelas Edia Setijawan dikutip Kamis (7/9/2023).

Edi menambahkan, tujuan itu dapat dicapai dengan melakukan penguatan dan pemberdayaan dengan bekerja sama lewat para instansi terkait, semisal kolaborasi yang dilakukan bersama Kementerian Koperasi dan juga instansi lainnya sehingga mampu memberikan hasil yang optimal.

Tantangan lain yang juga harus dihadapi tutur Edi adalah perihal edukasi. Menurutnya mayoritas nasabah P2P memiliki rentang usia 25-30 tahun.

“Ini usia-usia yang finansial powernya masih belum mapan namun memiliki semangat yang besar dan harus pandai dalam mengedukasi mereka. Terakhir kita harus punya roadmap agar kita tahu apa yang akan kita lakukan pada 5 tahun kedepan,” kata dia.

Bersamaan dengan itu, Angela Oetama, selaku calon ketua umum AFPI yang juga merupakan Co-Founder dan CEO Gradana, mengatakan, yang menjadi salah satu tantangan utama dalam industri fintech lending saat ini adalah mempertahankan portofolio kredit yang berkualitas termasuk tingkat Non-Performing Loan (NPL) yang sehat.

Petinggi OJK Ungkap Kriteria yang Harus Dipenuhi Ketua Umum AFPI

Angela Oetama, calon ketua umum AFPI. Foto/Ist
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)