Tutup Celah Spekulan, Mendag Siapkan Stok Melimpah

Senin, 17 April 2017 - 18:05 WIB
Tutup Celah Spekulan, Mendag Siapkan Stok Melimpah
Tutup Celah Spekulan, Mendag Siapkan Stok Melimpah
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan telah menyiapkan stok (standby stock) yang melimpah untuk gula, daging, dan minyak goreng jelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Hal ini demi mencegah para spekulan menimbun stok tiga komoditas pangan strategis ini, sehingga menyebabkan harganya melambung.

Dia mengungkapkan, jelang Ramadhan dan Idul Fitri, para spekulan biasanya mencoba untuk mengendalikan harga. Karena itu, pihaknya telah meminta para produsen tiga komoditas tersebut untuk menyiapkan standby stock yang siap digelontorkan.

"Kami meminta komitmennya ada stok yang setiap saat kami bisa gelontorkan. Stoknya ada, tapi seperti biasa pada waktu high season seperti ini, hari besar keagamaan, beberapa spekulan mau menahan dan mengendalikan harga," katanya di Gedung Kemendag, Jakarta, Senin (17/4/2017).

Enggar menyebutkan, untuk gula telah disiapkan stok sekitar 460 ribu ton, daging sekitar 70 ribu ton, dan minyak goreng sekitar 1,5 juta ton. Hal ini semata untuk menjaga stabilitas harga jelang Ramadhan dan Idul Fitri.

"Kalau ada kenaikan, maka kami akan gelontorkan dan itu cepat sekali," imbuh dia.

Politikus Partai NasDem ini juga mengancam akan mempidanakan oknum yang mencoba menimbun stok pangan jelang hari raya keagamaan. "Kalau ada kecenderungan menimbun maka kami bisa ambil tindakan hukum kepada mereka yang melakukan itu. Kami tidak mau rakyat kita diganggu sekelompok orang yang merusak," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1837 seconds (0.1#10.140)