10 Miliarder Terkaya di Dunia per September 2023, 9 Orang Amerika, 1 Taipan Prancis

Senin, 11 September 2023 - 15:36 WIB
loading...
A A A
Brin, yang datang ke AS dari Rusia bersama keluarganya ketika dia berusia 6 tahun untuk melarikan diri dari anti-Semitisme, merupakan imigran terkaya di Amerika. Dia menjabat sebagai anggota dewan induk Google Alphabet dan terus menjadi pemegang saham pengendali. Kekayaannya meningkat hampir USD3 miliar selama Agustus 2023.

9. Mark Zuckerberg

Kekayaan bersih: USD105 miliar
Sumber: Facebook
Umur: 39 tahun
Tempat tinggal: Palo Alto, California
Kewarganegaraan: AS

Zuckerberg mendirikan Facebook —yang sekarang disebut Meta Platforms— ketika dia masih menjadi mahasiswa di Universitas Harvard pada tahun 2004. Meta kini telah berkembang menjadi jejaring sosial terbesar di dunia, dengan 3 miliar pengguna.

Perusahaan milik Zuckerberg juga memiliki Instagram dan WhatsApp. Zuckerberg yang merupakan CEO Meta, menjadikan perusahaan publik pada tahun 2012 dan masih memiliki sekitar 13% darinya.

Dia dan istrinya Priscilla Chan telah berjanji untuk mengarahkan 99% saham mereka di perusahaan menuju langkah-langkah yang mempromosikan potensi manusia. Salah satu upayanya adalah mengembangkan alat untuk membantu orang lain seperti menyembuhkan, mengelola, atau mencegah semua penyakit. Hal itu disampaikan Zuckerberg dan Chan kepada Forbes awal tahun ini tentang upaya mereka.

Zuckerberg bergabung kembali dalam daftar 10 orang terkaya di dunia pada awal musim panas ini untuk pertama kalinya sejak Januari 2022, sebagai akibat dari kenaikan harga saham Meta. Selama bulan Agustus, kekayaannya turun hampir USD8 miliar dan dia turun dari peringkat ke-7 menjadi No.9 orang terkaya.

10. Steve Ballmer

Kekayaan bersih: USD100.8 miliar
Sumber: Microsoft, investasi
Umur: 67 tahun
Tempat tinggal: Hunts Point, Washington
Kewarganegaraan: AS

Ballmer adalah teman sekelas Bill Gates di Universitas Harvard, dimana Ia sempat menjalankan Microsoft sebagai CEO dari tahun 2000 hingga 2014. Dia bergabung dengan Microsoft sebagai karyawan nomor 30 pada tahun 1980 setelah drop out dari program MBA di Stanford University.

Tahun Ballmer pensiun dari Microsoft, ia kemudian membeli tim Los Angeles Clippers seharga USD2 miliar — rekor tertinggi untuk tim NBA pada saat itu. Forbes sekarang menghargai tim tersebut sebesar USD3,9 miliar.

Kekayaan Ballmer turun sekitar USD2 miliar dalam sebulan terakhir sebagai akibat dari sedikit penurunan harga saham Microsoft.

Siapa orang terkaya di dunia?

Pada 1 September 2023, orang terkaya di dunia adalah Elon Musk, CEO perusahaan mobil listrik Tesla dengan perkiraan harta mencapai USD258 miliar. Dia pindah ke posisi nomor satu pada bulan Juni tahun ini, menyalip Bernard Arnault dari Prancis.

Siapa wanita terkaya di dunia?

Wanita terkaya di dunia adalah Francoise Bettencourt Meyers dari Prancis. Pada 1 September 2023, dia bernilai USD88 miliar dan merupakan orang terkaya ke-15 di dunia. Kekayaannya terletak pada kepemilikannya atas saham raksasa kosmetik L'Oreal, yang ia warisi dari mendiang ibunya. Kakeknya merupakan pendiri L'Oreal.

Fakta kunci orang terkaya di dunia:

- Elon Musk
Adalah orang terkaya di dunia saat ini, posisi yang dipegangnya untuk sebagian besar tahun 2022 juga.

- Bernard Arnault
Taipan asal Prancis ini jatuh ke posisi nomor 2 terkaya pada awal Juni 2023. Bernard Arnault sempat menyandang gelar sebagai orang terkaya di dunia selama lima bulan pertama tahun 2023.

- 9 dari 1O orang terkaya di dunia adalah orang Amerika, termasuk Jeff Bezos, Larry Ellison dan Bill Gates.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3040 seconds (0.1#10.140)