JK Jamin Bunga KUR Turun Jadi 7% Tahun Ini

Senin, 24 April 2017 - 18:01 WIB
JK Jamin Bunga KUR Turun Jadi 7% Tahun Ini
JK Jamin Bunga KUR Turun Jadi 7% Tahun Ini
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menjamin bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) akan turun lagi dari 9% menjadi 7%. Implementasinya Ditarget dapat berlaku mulai tahun ini.

Dia menjelaskan, pemerintah sedang berusaha membuat para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) bisa mendapat akses pendanaan murah. Keputusan itu akan dibicarakan di rapat kabinet dalam waktu dekat.

"Realisasi KUR 7%, kita rapatkan lagi. Beberapa bulan lagi kita umumkan, insya Allah tahun ini," ujarnya di Jakarta, Senin (24/4/2017).

Menurut JK, penurunan bunga KUR dapat membuat kesenjangan antar pengusaha besar dan kecil menjadi berkurang. Sehingga, bisa mendorong perekonomian nasional.

"Pertumbuhan bisa saja sampai 5%-6% tapi kalau tumbuh karena industri tertentu, tumbuh karena batu bara karena sawit. Itu hasilnya itu tidak bergerak dan banyak kemiskinan," katanya.

Sementara, lanjut Wapres, jika pertumbuhan ekonomi berkualitas maka tingkat kemiskinan pun bisa ditekan. Kualitas ini bisa meningkat kalau semua industri bisa berkembang secara merata

"Kalau tumbuh karena UMKM itu akan mengurangi kemiskinan. Caranya kualitas pertumbuhan itu namanya harus diperbaiki," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5301 seconds (0.1#10.140)