Ekonomi China Terus Memburuk, Bankir Rela Potong Gaji 40%

Kamis, 14 September 2023 - 11:37 WIB
loading...
Ekonomi China Terus Memburuk, Bankir Rela Potong Gaji 40%
Para bankir rela memotong gaji di tengah melemahnya ekonomi China, sebagai negara dengan ekonomi terbesar kedua dunia. FOTO/Chinatopix via AP
A A A
JAKARTA - Selama beberapa dekade, kota-kota terbesar di China telah menjadi rumah bagi salah satu kisah sukses ekonomi terbesar di dunia. Peningkatan standar hidup yang nyaris tanpa henti mengangkat jutaan orang ke dalam kelas menengah.

Namun, tren tersebut kini mulai terhenti menciptakan ancaman tidak disadari oleh Presiden Xi Jinping yang telah berjuang menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi. Mengutip The Business Times, gaji pegawai di Shanghai dan Beijing turun masing-masing 9 persen dan 6 persen pada Kuartal II-2022, demikian data Zhaopin yang dikumpulkan Bloomberg.

Ini adalah penurunan terbesar sejak 2015, dan sangat kontras dengan angka-angka pemerintah yang mengindikasikan kenaikan upah secara nasional. Bagi banyak pekerja kerah putih, pukulan ini diperparah oleh perusahaan-perusahaan yang diam-diam memangkas tunjangan termasuk tunjangan perjalanan dan makan.



Sektor-sektor bergengsi seperti keuangan di mana para bankir senior rela memangkas gaji sebanyak 40 persen, dan teknologi menderita. Bahkan pekerjaan pemerintah yang biasanya stabil kini sebagian besar kelas menengah mengalami penurunan.

Risikonya adalah spiral ke bawah membuat para pekerja mengurangi pengeluaran mereka lebih jauh lagi saat Beijing mencoba untuk memulihkan kepercayaan dirinya. Untuk keluar dari jebakan kelas menengah dan mencegah kerusuhan sosial, pihak berwenang harus mencari cara untuk menciptakan lapangan kerja yang lebih baik bagi penduduk kota. Namun, terbatasnya ruang untuk stimulus yang dipicu oleh utang China memberikan Xi Jinping beberapa solusi yang mudah.

"Kecuali kita melihat pertumbuhan yang stabil dalam pendapatan yang dapat dibelanjakan. Saya rasa konsumsi tidak akan membaik dalam waktu dekat," ujar Kepala ekonom Asia Pasifik di Natixis, Alicia Garcia Herrero.

"Semua orang berpikir bahwa para konsumen terlalu banyak ketidakpastian sehingga mereka tidak menyukainya," kata dia.



Percakapan dengan 18 orang yang bekerja di sektor swasta semakin gelisah atas keamanan pekerjaan dan pengeluaran pribadi. Rasa sakit di pasar tenaga kerja China jauh melampaui rekor tingkat pengangguran kaum muda.

Meskipun ada kebencian yang meningkat, banyak pekerja perkotaan dari segala usia bersedia menerima pemotongan gaji dengan jam kerja yang lebih panjang hanya untuk mempertahankan pekerjaan mereka.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)