Bangun Gedung DPR RI di IKN Nusantara, Badan Otorita Mulai Cari Lahan

Senin, 18 September 2023 - 08:50 WIB
loading...
Bangun Gedung DPR RI di IKN Nusantara, Badan Otorita Mulai Cari Lahan
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) tengah melakukan diskusi terkait rencana pembangunan dan pemindahan Gedung DPR RI ke Ibu Kota Nusantara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) tengah melakukan diskusi terkait rencana pembangunan dan pemindahan Gedung DPR RI ke Ibu Kota Nusantara. Sekretaris OIKN, Jaka Santos menjelaskan, OIKN harus melaksanakan pembangunan sesuai tahapan yang ada dengan detail-detail yang harus diperhatikan.



Sehingga perlu masukan dan koordinasi yang baik, terutama dari Setjen DPR RI sebagai pihak parlemen untuk menyiapkan perpindahan lembaga-lembaga ke IKN nantinya.

“Koordinasi ini penting supaya kita semua bisa memahami apa yang menjadi syarat sesuai peraturan dan fungsi-fungsi yang dibutuhkan dalam proses pembangunan ini,” kata Jaka Santos dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/9/2023).



Selanjutnya, Jaka mengungkapkan, bahwa masukan dari hasil diskusi dan kunjungan yang sudah dilakukan ini akan segera disampaikan ke lembaga-lembaga terkait yang terlibat dalam pembangunan dan penyediaan lahan di IKN Nusantara .

Sebelumnya, Sekretariat Jenderal DPR RI berkunjung langsung ke IKN untuk meninjau progres dan kesiapan pembangunan. Sekjen DPR RI Indra Iskandar dalam kesempatan ini menjelaskan, bahwa kunjungan dilakukan dalam rangkaian untuk melengkapi diskusi yang sudah dilakukan bersama OIKN dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait Pembangunan Gedung DPR RI di IKN.

“Terutama untuk memastikan kawasan parlemen yang menjadi tanggungjawab kami, sehingga kami perlu melihat langsung progress dan kesiapan IKN ke depannya,” lanjut Indra.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa kunjungan ini juga merupakan acuan bagi Setjen DPR RI untuk menyiapkan skenario yang dibutuhkan terkait perpindahan ke IKN dengan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk meninjau persil Gedung DPR di IKN nantinya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)