Mengenal Pentingnya Dana Darurat, Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Finansial

Senin, 18 September 2023 - 11:39 WIB
loading...
Mengenal Pentingnya Dana Darurat, Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Finansial
Tidak peduli betapa stabilnya keuangan kita saat ini, memiliki dana darurat adalah tindakan bijak yang bisa memberikan rasa aman dan ketenangan dalam menghadapi masa-masa sulit. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kehidupan memang sulit diprediksi sepenuhnya, meskipun kita telah merencanakan segala sesuatunya dengan baik, kejadian yang tak terduga bisa datang kapan saja. Berkaitan dengan keuangan, inilah mengapa memiliki dana darurat menjadi salah satu langkah finansial yang paling penting dalam kehidupan kita.



Tidak peduli betapa stabilnya keuangan kita saat ini, memiliki dana darurat adalah tindakan bijak yang bisa memberikan rasa aman dan ketenangan dalam menghadapi masa-masa sulit.Agar lebih jelas, mari bahas sejumlah alasan mengapa kita harus mulai mempersiapkan dana darurat sejak dini:

1. Ketidakpastian

Tak ada yang bisa memprediksi kapan keadaan darurat akan muncul. Dengan memiliki dana darurat, Kita akan siap menghadapinya tanpa harus terlilit utang.

2. Melindungi Investasi Jangka Panjang

Tanpa dana darurat yang memadai, kita mungkin terpaksa menjual investasi jangka panjang pada saat yang tidak menguntungkan. Hal tersebut secara langsung dapat merusak pertumbuhan kekayaan jangka panjang.

3. Mandiri Finansial

Mempunyai dana darurat memberi kemandirian finansial yang sangat berharga karena tidak perlu bergantung pada orang lain atau lembaga keuangan ketika menghadapi situasi darurat.

4. Mengurangi Stres

Ketika memiliki dana darurat, kita akan merasa lebih tenang dan tidak akan terlalu khawatir tentang bagaimana membayar tagihan atau menghadapi keadaan darurat.

Cara Membangun Dana Darurat

Pertama, tetapkan tujuan untuk dana darurat, idealnya miliki setidaknya tiga hingga enam bulan biaya hidup Kita dalam tabungan ini. Kemudian, buat rencana untuk mencapainya:

1. Anggarkan Secara Teratur

Tetapkan bagian dari penghasilan secara teratur untuk dana darurat. Ini harus menjadi prioritas keuangan pertama kita.

2. Buat Perencanaan Anggaran

Identifikasi pengeluaran yang bisa dikurangi atau dihilangkan agar lebih banyak uang dapat dialokasikan untuk dana darurat.

3. Disiplin dan Konsistensi

Tetap disiplin dalam menabung dan jangan menggunakan dana darurat untuk keperluan lain.

4. Pilih produk Tabungan yang Tepat

Gunakan akun tabungan yang mudah diakses tetapi tidak terlalu mudah dijangkau untuk membantu menghindari godaan pengeluaran yang tidak perlu.

Sejalan dengan hal tersebut, Presiden Direktur MNC Bank , Rita Montagna menyampaikan, bahwa untuk mempersiapkan dana darurat, industri perbankan sebenarnya menjadi salah satu mitra terpenting untuk membantu individu dan keluarga membangun dana darurat yang kuat.

“Melalui berbagai produk dan layanan yang ditawarkan, sebisa mungkin carilah layanan perbankan dengan manfaat tambahan atau promo, jadi bukan hanya sekedar produk konvensional biasa," ujarnya.

Untuk itu, Rita kemudian memperkenalkan program Tabungan Dahsyat Bundling dari MNC Bank sebagai solusi alternatif dalam mempersiapkan dana darurat. Program Tabungan Dahsyat Bundling ini menawarkan cashback sebagai wujud manfaat ekstra bagi nasabah.

“Sebagai contoh dalam program Tabungan Dahsyat Bundling, nasabah melakukan penempatan dana deposito dan tabungan masing-masing sebesar Rp100.000.000 dan Rp400.000.000 dengan jangka waktu selama 3 bulan. Hasilnya, nasabah berhak mendapatkan cashback sebesar Rp3.450.000 atau sebesar Rp7.000.000 jika diendapkan selama 6 bulan, itu belum termasuk bunga simpanannya," jelasnya.

Rita juga menambahkan, “Jangan ragu untuk menjadikan rekening tabungan khusus sebagai langkah awal dalam membangun dana darurat. Tindakan ini tentunya bisa memberikan perlindungan finansial tambahan dan memotivasi kita secara teratur menyisihkan dana untuk keperluan darurat tanpa tergoda menggunakannya untuk keperluan lain”.

Terkait informasi mengenai PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group (BHIT), dapat menghubungi MNC Bank Call Center di 1500188, akses www.mncbank.co.id dan www.motionbank.id serta ikuti akun resmi media sosial MNC Bank, @officialmncbank di Instagram, MNC Bank di Facebook dan @MNCBank di Twitter.

Nikmati layanan perbankan digital dan produk-produk lain MNC Bank dengan mengunduh aplikasi MotionBank di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan https://bit.ly/MotionBankMNC

#MNCGroup #MNCBank #TabunganDahsyat
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.1024 seconds (0.1#10.140)