Sri Mulyani Peringatkan PNS Jangan Sia-siakan Uang Negara

Rabu, 10 Mei 2017 - 17:57 WIB
Sri Mulyani Peringatkan PNS Jangan Sia-siakan Uang Negara
Sri Mulyani Peringatkan PNS Jangan Sia-siakan Uang Negara
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Aparat Sipil Negara (ASN) jangan hanya menjadikan Rakornas Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai ajang kumpul-kumpul semata. Menurutnya para pegawai yang hadir harus dapat memetik manfaat dari rakornas, sehingga tidak membuang uang negera yang telah dialokasikan untuk operasional dan belanja pegawai.

"Ini mumpung ya. Mumpung sedang Rakornas, saling belajar, saling melihat daerah lain. Sama-sama belajar antara yang di pusat dengan yang daerah. Kumpul di tempat seperti ini, jangan hanya dijadikan tempat untuk kumpul-kumpul semata untuk menghabiskan biaya perjalanan Anda," tegas Sri Mulyani dalam sambutannya di Jakarta, Rabu (10/5/2017).

(Baca Juga: Seperempat APBN Dipakai untuk Gaji dan Tunjangan PNS
Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga mengingatkan, jika hanya ingin kumpul-kumpul dan bersenang-senang saja, harus kembali kepada pedoman bahwa belanja barang dan pegawai yang dialokasikan negara untuk mereka sangatlah besar. Dia juga meminta PNS agar semuanya bisa bekerja dengan serius.

"Karena tadi saya sebutkan, belanja barang kan terlalu tinggi. Ini sering kumpul-kumpul begini. Kalau enggak ada gunanya, itu sama juga merugikan negara dua kali tanpa hasil. Pertama alokasi anggarannya salah, terus waktunya terbuang sia-sia," imbuhnya.

Dia mengharapkan, dengan kumpul-kumpul yang berarti rapat dan seminar yang menggunakan uang negara tersebut, bisa menghasilkan sesuatu untuk kemajuan negara. Sehingga menjadikan PNS lebih baik, dan totalitas dalam melayani masyarakat.

"Jadi, jangan menyia-nyiakan uang negara. Selamatkan uang negara karena Anda sudah pinjam ruangan yang bagus, tempat yang indah, kumpul dengan semuanya dengan tiket dan fasilitas yang dibayar sama negara. Gunakan dengan baik untuk belajar berinovasi dan untuk kebaikan agar semuanya tidak menjadi sia-sia," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0123 seconds (0.1#10.140)