Hilirisasi Akan Jadi Ekonomi Baru bagi UMKM, Teten Minta Dukungan Fintech

Jum'at, 22 September 2023 - 09:42 WIB
loading...
Hilirisasi Akan Jadi Ekonomi Baru bagi UMKM, Teten Minta Dukungan Fintech
MenkopUKM, Teten Masduki meminta fintech peer to peer (P2P) lending untuk bisa menjadi bagian dalam mendukung UMKM yang masuk dalam program hilirisasi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM atau Menkop UKM, Teten Masduki meminta fintech peer to peer (P2P) lending untuk bisa menjadi bagian dalam mendukung UMKM yang masuk dalam program hilirisasi yang didorong oleh Pemerintah.



Teten mengatakan, Hilirisasi jangan hanya berfokus pada industri besar, tetapi UMKM juga menjadi bagian dari rantai pasok industri dalam hilirisasi yang diamanatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Fintech bisa masuk untuk membantu pembiayaan ke UMKM untuk modal kerja, karena dalam progam 40 persen belanja Pemerintah, UMKM memiliki kepastian harga dan pendapatan,” kata MenKopUKM Teten Masduki dalam keterangan resminya, di Jakarta, Jumat (23/9/2023).



Menteri Teten menyampaikan, dalam hilirisasi yang menjadi program Pemerintah, UMKM bisa membuat end product dengan teknologi. Untuk nikel misalnya, UMKM bisa memuat produk hilirisasi berupa alat makan hingga produk kesehatan. Termasuk di sektor perkebunan melalui produk CPO hingga rumput laut.

“Hilirisasi akan menjadi ekonomi baru bagi UMKM. Hal ini juga yang kami harapkan, perusahaan fintech maupun lembaga keuangan juga melihat keunggulan domestik Indonesia. Kita unggul dari banyak Sumber Daya Alam (SDA) yang ada, seperti agriculture produk sawit, maupun aquaculture,” pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)