20 Investor Bersiap Groundbreaking di IKN, Nilai Investasinya di Atas Rp10 T

Selasa, 26 September 2023 - 14:24 WIB
loading...
20 Investor Bersiap Groundbreaking di IKN, Nilai Investasinya di Atas Rp10 T
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengungkapkan, setidaknya ada 20 investor yang siap melakukan groundbreaking di IKN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengungkapkan, setidaknya ada 20 investor yang siap melakukan groundbreaking di IKN . Investor tersebut seluruhnya berasal dari para pelaku usaha di dalam negeri.

"Kita masih banyak lagi nih antre, mau groundbreaking. Ada beberapa, saya akan lapor beliau dulu ya. Tapi sekitar 20-an investor sudah calon yang potensial (lakukan groundbreaking)," ujar Bambang usai acara Sustainable Action for Future Economy (SAFE) di Jakarta, Selasa (26/9/2023).



Bambang memastikan, nilai investasi dari para investor di atas Rp10 triliun, yang akan digunakan bukan hanya untuk membangun bangunan fisik saja, tapi juga sekaligus membangun fasilitas olah raga, hingga tempat konservasi satwa.

"Tidak hanya investasi di bidang fisik juga, tapi juga investasi di bidang-bidang lain. Misalnya bidang lain itu adalah tempat untuk konservasi orang utang, kemudian membuat tempat untuk pacuan kuda," sambungnya.



Lebih lanjut, Bambang menjelaskan bahwa para investor ini kemungkinan bakal mulai melakukan groundbreaking pada bulan November 2023 mendatang. Kemungkinan acara seremonial tersebut juga bakal dipimpin lagi oleh Presiden Joko Widodo sama seperti gorundbreaking yang sempat dilakukan sebelumnya.

"Insyallah November, tergantung jadwal Bapak Presiden. Saya belum bisa menyampaikan (nilai investasi) tapi pasti lebih dari Rp10 T," kata Bambang.

Sebelumnya OIKN melakukan telah melakukan gorundbreaking atas Invetasi yang dilakukan oleh konsorsium Agung Sedayu Group. Konsorsium itu terdiri dari 10 perusahaan lokal dengan total investasi mencapai Rp20 triliun. Sepuluh investor tersebut antara lain; Agung Sedayu Group, Salim Group, Sinarmas, Pulauintan, Adaro Group, Barito Pacific, Mulia Group, Astra Group, Kawan Lama Group, dan Alfamart group.

"Konsorsium ini beranggotakan sepuluh perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap terbangunnya IKN, bukan saja sebagai kota yang layak huni (livable city), namun juga sebagai kota yang dicintai (lovable city)," ujar Bambang

Selain 10 investor tersebut, terdapat 6 investor lain yang juga siap untuk segera melakukan pembangunan di IKN. Mereka akan membangun sektor perhotelan, shopping mall, rumah sakit, pendidikan, dan perkantoran. Terdiri dari Pakuan, Mariott, Jambuluwuk, Vasanta, Hermina, dan Jakarta Intercurltural School.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)