Miliarder Rusia Berharta Rp38,5 T Sebut Sanksi Barat Tak Akan Hentikan Perang Ukraina

Rabu, 27 September 2023 - 08:11 WIB
loading...
Miliarder Rusia Berharta Rp38,5 T Sebut Sanksi Barat Tak Akan Hentikan Perang Ukraina
Oligarki, Oleg Deripaska mengatakan, Rusia telah mampu melewati serangkaian sanksi Barat yang dijatuhkan sebagai respons atas perang Ukraina. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Oligarki, Oleg Deripaska mengatakan, Rusia telah mampu melewati serangkaian sanksi Barat yang dijatuhkan sebagai respons atas invasi ke Ukraina. Miliarder asal Rusia itu juga memperingatkan, harapan Barat bahwa sanksi ekonomi bisa mengakhiri perang Ukraina atau memicu perubahan rezim dipastikan bakal gagal.



Presiden Rusia, Vladimir Putin menopang ekonomi USD2,1 triliun untuk perang Ukraina yang panjang dan telah berulang kali mengatakan bahwa Barat sudah gagal melumpuhkan Rusia. Dimana ekonomi Rusia diperkirakan akan tumbuh 2,8% tahun ini dan 2,3% untuk tahun depan.



Harapan Barat memicu krisis ekonomi Rusia disebut tidak tercapai, ketika eksportir minyak terbesar kedua di dunia itu tidak mengalami kesulitan menjual minyaknya di pasar global. Sementara perdagangan Moskow justru sedang booming dengan China, dan dengan beberapa negara lainnya.

"Saya terkejut bahwa bisnis swasta bisa sangat fleksibel. Saya kurang lebih yakin bahwa hingga 30 persen ekonomi akan runtuh, tetapi itu jauh lebih sedikit," kata Deripaska, seorang taipan berusia 55 tahun, kepada FT.

Alasan Rusia mampu bertahan dari sanksi Barat, menurut Deripaska yakni disebabkan oleh kekayaan sumber daya alam Rusia yang membuatnya terlalu menarik bagi banyak orang untuk ditinggalkan, termasuk China dan beberapa negara-negara lainnya.

Dikatakan juga oleh Deripaska, bahwa harapan Barat menggunakan sanksi untuk mengubah para pemimpin Rusia, tidak berjalan sesuai rencana.

Sejak invasi ke Ukraina dimulai pada 24 Februari, Deripaska sendiri telah dikenai sanksi oleh Inggris karena dugaan hubungannya dengan Putin. Sejak saat itu, Dia telah menempuh jalur hukum demi membatalkan sanksi.

"Percaya bahwa sanksi akan menghentikan (perang) atau menciptakan perubahan rezim atau entah bagaimana membuat kita lebih dekat dengan akhir konflik. . . Tidak akan berhasil. Kita perlu memiliki solusi lain," katanya seperti dikutip oleh FT.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)