BI Siapkan Penukaran Uang di BKB Palembang

Sabtu, 10 Juni 2017 - 03:20 WIB
BI Siapkan Penukaran Uang di BKB Palembang
BI Siapkan Penukaran Uang di BKB Palembang
A A A
PALEMBANG - Menjelang Idul Fitri dengan kebutuhan uang pecahan yang meningkat, Bank Indonesia mempersiapkan lokasi khusus penukaran di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sumatra Selatan.

Pemilihan lokasi ini, kata Kepala Perwakilan BI di Palembang, Rudy Khairuddin untuk lebih memudahkan masyarakat. Penukaran uang dipastikan akan meningkat menjelang Idul Fitri, dimana kebutuhan uang pecahan lebih rendah cenderung lebih banyak dibutuhkan.

"Karena itu BI sediakan khusus loket yang mobile guna menukarkan uang pecahan lebih kecil. BI akan mempersiapkan pecahan uang lebih kecil, diantaranya pecahan Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000 hingga Rp5.000 dan Rp2.000. Penukaran uang kecil ini lebih banyak dicari masyarakat," ungkapnya.

Pihak BI sudah bekerja sama dengan perbankan di Palembang dalam penukaran uang receh tersebut. Beberapa bank sentral dikhususnya guna melayani penukaran uang serupa, "Hampir sama juga dibandingkan tahun-tahun lalu," sambungnya.

Untuk saat ini, BI juga mempersiapkan bagaimana kebutuhan dan akses uang bagi masyarakat bisa lebih besar, terutama masyarakat di kawasan perairan Sumatra Selatan.

Humas BI Palembang, Nasro menambahkan penukaran uang akan bisa dilakukan dibanyak tempat, namun pihaknya pada tahun ini baru memilih kawasan Benteng Kuto Besak sebagai bagian dari lokasi penukaran uang. Sebelumnya, BI memiliki pasar-pasar tradisional, diantaranya Pasar 16 Palembang dan sekitarnya,

"Dengan di BKB akan cukup banyak ruang yang dipersiapkan sehingga masyarakat akan lebih mudah menjangkau dan mengaksesnya. BI mengharapkan memang aksesnya diperluas," ujarnya.

Sementara itu, penukaran uang yang diselenggarakan di BKB akan berlangsung pada dua termin, diantaranya pada 12-15 Juni dan dilanjutkan 19-22 Juni. Penukaran uang akan berlangsung setengah hari, yakni dari pukul 08.00 WIB-12.00 WIB.

"Untuk jumlah uang dibutuhkan, tentu akan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. BI akan terus melayani dan diprediksikan akan meningkat sedikit dibandingkan tahun lalu," ujarnya.

Pelaksanaan penukaran uang ini didukung oleh perbankan seperti Bank SumselBabel, Bank Mandiri, BNI, BCA, Bank Mandiri Syariah, dan Permata Bank. Dia mengatakan penukaran uang yang mobile disediakan BI guna melayani masyarakat yang tidak sempat ke kantor pusat perwakilan BI Sumsel.

"Di kantor BI juga masih melayani. Jadi lokasi penukaran uang cukup banyak disediakan, tergantung posisi masyarakat dan kenyamanan. Di bank-bank ada, di BI ada, dan juga penukaran mobile BI," terangnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4550 seconds (0.1#10.140)