Lestarikan Budaya, Pandawa Ganjar Ajak Milenial di Purworejo Membatik

Senin, 02 Oktober 2023 - 12:30 WIB
loading...
Lestarikan Budaya, Pandawa Ganjar Ajak Milenial di Purworejo Membatik
Sukarelawan Pandawa Ganjar bersama milenial menggelar pelatihan membatik di Dusun Kesambi, Desa Loano, Purworejo, Jawa Tengah pada Minggu (1/10/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sukarelawan Pandawa Ganjar mengajak milenial di Purworejo untuk membatik. Kegiatan ini sebagai upaya untuk melestarikan kekayaan budaya yang ada di Indonesia, termasuk salah satunya batik.

Pelatihan tersebut berlangsung di Dusun Kesambi, Desa Loano, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah pada Minggu (1/10/2023).

"Kegiatan hari ini dari Pandawa Ganjar Jawa-Bali bersama dengan Batik Dewa Loano merangkul generasi muda masyarakat Loano untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan membatik," ujar Koordinator Wilayah (Korwil) Pandawa Ganjar Jawa-Bali Haldoko Danantyas Subandoro, dalam siaran pers, dikutip Senin (2/10/2023).



Kegiatan yang menyasar puluhan kaum milenial tersebut merupakan upaya melestarikan budaya kepada para penerus bangsa. Dengan demikian, budaya membatik ini dapat diwariskan kepada generasi penerus berikutnya hingga kepada anak cucu nantinya.

"Karena kalau generasi muda-mudanya itu tidak peduli terhadap budaya di Indonesia tentu akan punah. Sementara batik ini kan merupakan budaya Indonesia yang sudah diakui juga oleh UNESCO, maka harus sosialisasikan," jelas Danan.

Melalui pelatihan, Pandawa Ganjar mengajak kaum milenial untuk bangga terhadap batik karena batik dapat menunjukkan identitas jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya. "Ini juga sebagai bentuk kepedulian Pak Ganjar terhadap pengembangan mikro ekonomi, pengembangan SDM, karena memang yang kita libatkan di sini adalah generasi muda," kata Danan.

Berkolaborasi dengan Batik Dewa Loano yang juga mempekerjakan disabilitas, pelatihan tersebut pun melibatkan peserta disabilitas yang juga dibekali kemampuan membatik. Harapannya, para disabilitas ini nantinya dapat memiliki keterampilan agar bisa bersaing di dunia kerja.



Hadir sebagai pemateri, Founder Batik Dewa Loano Andy Sadewa menjelaskan teknik dasar membatik kepada para peserta. Ada dua teknik membatik yang diajarkan, yaitu teknik batik cap dan teknik batik tulis. Untuk teknik batik cap, para peserta dilibatkan langsung dalam proses pembuatannya. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut, sebab hanya satu produsen rumah batik yang ada di wilayah Loano yaitu rumah batik Dewa Loano.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2709 seconds (0.1#10.140)