Jaga Kinerja Keuangan, BPRS HIK Parahyangan Raih Sharia Award 2023

Senin, 02 Oktober 2023 - 21:18 WIB
loading...
Jaga Kinerja Keuangan, BPRS HIK Parahyangan Raih Sharia Award 2023
Direktur Bisnis PT BPRS HIK Parahyangan Helmi Hidayat saat menerima penghargaan Sharia Award 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT BPRS Harta Insan Karimah Parahyangan (HIKP) berhasil menjaga kinerja keuangan sepanjang tahun 2022, yang antara lain ditunjukkan dengan pertumbuhan laba bersih sebesar 24% menjadi Rp18,91 miliar. HIKP pada periode yang sama juga mencatatkan kenaikan aset, dana pihak ketiga (DPK), deposito, tabungan, dan rasio-rasio keuangan lainnya.

Dengan keberhasilan tersebut, HIKP meraih penghargaan Sharia Award dengan predikat "Excellent Financial Performance Islamic Rural Bank in 2022" dalam ajang Infobank 12th Sharia Award. Direktur Utama BPRS HIKP Martadinata mengatakan, HIKP mendapatkan penghargaan untuk kategori BPRS dari Infobank Sharia Award dalam 10 tahun terakhir.



"Artinya, BPRS HIKP mampu menjaga kinerja keuangan dengan baik selama 10 tahun terakhir. Ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh sumber daya insani dan dukungan para nasabah setia BPRS HIK Parahyangan," tutur Martadinata melalui keterangan resminya, Senin (2/10/2023).

Martadinata menjelaskan, Sharia Award mengukur kinerja keuangan selama 1 tahun (2022), dari berbagai indikator, seperti pertumbuhan aset, dana pihak ketiga, penyaluran pembiayaan, rasio kesehatan bank, dan laba bersih. Sepanjang tahun 2022, kata dia, HIKP berhasil menjaga pertumbuhan kinerja dengan memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi pascapandemi.

Sepanjang tahun 2022, tak hanya merealisasikan laba bersih 157% di atas target rencana bisnis bank (RBB), HIKP juga mencatatkan rasio tingkat pengembalian aset (return on asset/ROA) sebesar 1,67%, dengan tingkat pengembalian modal sebesar 28,36% atau meningkat 265 bps dibandingkan dengan tahun 2021.



Direktur Bisnis HIK Parahyangan Helmi Hidayat menambahkan, pertumbuhan kinerja keuangan HIKP juga terlihat dari berbagai indikator seperti kenaikan aset, dana pihak ketiga (DPK), deposito, tabungan, dan rasio-rasio keuangan lainnya.

Helmi menambahkan, pada tahun 2023, BPRS HIK Parahyangan juga terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah. Seiring dengan tren digitalisasi, BPRS HIKP juga terus melakukan inovasi digital. HIKP membuat terobosan Deposito Online untuk mempermudah nasabah dalam mendapatkan investasi dengan imbal hasil lebih tinggi dan tetap aman.

"Selain mempermudah nasabah dan masyarakat untuk berinvestasi dengan aman, Deposito Online memberikan imbal hasil terbaik mencapai 6,53% untuk tenor 3 bulan," jelasnya.

Dia menambahkan, kinerja keuangan HIKP hingga semester I/2023 juga masih tumbuh positif baik dari sisi aset, penghimpunan DPK seperti tabungan dan deposito serta pembiayaan yang disalurkan kepada masyarakat. "Kami optimistis kinerja BPRS HIK Parahyangan hingga akhir tahun 2023 masih tumbuh positif," tandasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2418 seconds (0.1#10.140)