Resmi, TikTok Shop Bakal Tutup Besok Jam 5 Sore

Selasa, 03 Oktober 2023 - 18:45 WIB
loading...
Resmi, TikTok Shop Bakal Tutup Besok Jam 5 Sore
Manajemen TikTok Indonesia menyatakan bahwa TikTok Shop resmi bakal dititup besok jam 5 sore. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - TikTok Shop resmi menutup layanan mulai besok Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB atau tepat jam 5 sore. Hal itu disampaikan melalui pernyataan resmi TikTok Indonesia.

"Kami tidak lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB," ujar manajemen TikTok Indonesia, dikutip Selasa (3/10/2023).

TikTok menghormati dan mematuhi peraturan serta hukum yang berlaku di Indonesia. TikTok Indonesia juga menyatakan komitmennya untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah, terkait langkah dan rencana ke depannya.

"Prioritas kami tetap mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh kare itu kami tidak lagi memafisilitasi treansaksi e-commerce di TikTok Shop Indonesia," tulisnya.



Tim dari TikTok berkomitmen untuk mendampingi pemenuhan pesanan baik yang telah mapun yang sedang berlangsung. "Kami akan mendampingi seller TikTok Shop," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) kemudian mengesahkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023, yang mengatur bahwa platform sosial commerce hanya akan memfasilitasi promosi barang atau jasa dan dilarang menyediakan transaksi pembayaran.



Selain itu, peraturan tersebut juga menetapkan harga minimum sebesar USD100 per unit untuk barang jadi asal luar negeri yang langsung dijual oleh pedagang (merchant) ke Indonesia melalui platform e-commerce lintas negara. Adapun aturan ini dibuat untuk melindungi para pelaku UMKM.

TikTok Shop mendapat kecaman keras karena menjual produk cross border dengan harga yang sangat murah. Layanan tersebut terindikasi melakukan predatory pricing atau menjual barang jauh di bawah harga pasar
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)