3 Tips MotionTrade Agar Tetap Tenang Hadapi Koreksi Saham

Selasa, 17 Oktober 2023 - 11:04 WIB
loading...
3 Tips MotionTrade Agar Tetap Tenang Hadapi Koreksi Saham
Tips MotionTrade mempersiapkan langkah yang tepat jika terjadi indikasi koreksi saham. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.

Salah satu istilah yang sering digunakan di pasar modal adalah koreksi. Koreksi saham merupakan istilah yang merujuk pada kondisi turunnya harga saham dibandingkan dengan harga saham periode sebelumnya. Pada umumnya, penurunan harga tergantung tekanan jual yang terjadi pada saham tersebut.

Saham bisa saja mengalami koreksi secara cepat dalam hitungan menit atau dalam periode waktu tertentu, misalnya harian, minggu, dan bulanan. Koreksi saham merupakan hal yang wajar terjadi. Saham yang tergolong stabil pun tidak luput dari koreksi. Agar tidak panik dalam mengadapi koreksi saham, berikut ini tiga tips yang telah MotionTrade rangkum agar Anda dapat mempersiapkan langkah yang tepat saat ada indikasi koreksi saham.

1. Memastikan Penyebab Koreksi
Ketika melihat harga saham cenderung turun, Anda perlu dapat memastikan apakah koreksi saham terjadi karena tren pasar yang turun atau pertanda lain seperti penurunan kinerja perusahaan sehingga berdampak pada harga saham. Jika penyebabnya merupakan faktor fundamental yang sulit berubah dalam waktu dekat, sebaiknya Anda melepas saham tersebut. Namun, jika sentimen penyebab koreksi adalah faktor sementara saja, Anda bisa memilih untuk hold sahamnya.

2. Membeli Saham di Harga Murah
Ketika pasar saham mengalami koreksi, biasanya harga saham pada umumnya akan mengalami penurunan, termasuk saham yang memiliki fundamental kuat. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membeli saham-saham tersebut di harga diskon. Namun, Anda perlu memastikan bahwa sudah ada sinyal pembalikan arah supaya tidak membeli saham yang harganya terus-menerus turun.

3. Evaluasi Portofolio Investasi
Evaluasi portofolio bertujuan untuk memantau porsi investasi sesuai dengan komposisi dan tujuan awalnya. Apabila terjadi penurunan pada aset saham akibat koreksi saham, Anda juga bisa mengevaluasi portofolio dengan mengalihkan ke investasi yang lebih stabil seperti reksa dana pendapatan tetap atau reksa dana pasar uang.

Anda tidak perlu repot untuk mencari platform investasi reksa dana karena pada aplikasi trading saham MotionTrade, Anda dapat berinvestasi saham sekaligus reksa dana dalam satu aplikasi. Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera unduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)