Efek Perang, Sektor Pangan Ukraina Bakal Telan Kerugian Rp50,3 Triliun

Kamis, 19 Oktober 2023 - 21:22 WIB
loading...
Efek Perang, Sektor Pangan Ukraina Bakal Telan Kerugian Rp50,3 Triliun
Ukraina bakal dipaksa menelan kerugian melebihi USD3,2 miliar atau setara Rp50,3 triliun pada tahun 2023, setelah sektor pangan mendapatkan hantaman keras. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Ukraina bakal dipaksa menelan kerugian melebihi USD3,2 miliar atau setara Rp50,3 triliun (Kurs Rp15.737 per USD) pada tahun 2023, setelah sektor pangan mendapatkan hantaman keras. Ekspor biji-bijian dan biji minyak Ukraina tidak lagi leluas, ditambah tingginya biaya logistik serta lonjakan harga bahan bakar serta pupuk, mengancam produksi.

Dimana serikat petani Ukraina seperti dilansir Reuter, Kamis (19/10/2023) menerangkan, kondisi semua itu berpotensi mengurangi area tanam pada tahun-tahun mendatang.

Ukraina merupakan, salah satu produsen dan eksportir makanan global terkemuka, dimana sektor agrarianya secara tradisional sangat menguntungkan. Sementara itu, otoritas dan petani Ukraina tidak melaporkan hasil keuangan mereka sejak tahun 2022.



Sebelum invasi Rusia , Ukraina mengirimkan sebagian besar ekspornya melalui pelabuhan di Laut Hitam, yang telah diblokir sepenuhnya atau sebagian besar sejak Februari 2022.

Peluang ekspor yang terbatas, saat ini hanya berpusat di pelabuhan kecil Sungai Danube dan kereta api ke Eropa Timur. Situasi tersebut telah membuat biaya logistik menjadi berlipat ganda dan akibatnya mengurangi harga yang dapat ditawarkan pedagang kepada petani.

Penutupan pelabuhan juga menyebabkan kenaikan tajam harga bahan bakar impor, benih, pupuk dan suku cadang untuk mesin pertanian.

Dewan Agraria, kelompok agribisnis terbesar Ukraina mengatakan, biaya produksi gandum pada 2023 adalah sekitar 146 dolar AS per metrik ton, dengan harga jual rata-rata USD102. Petani menghabiskan USD149 untuk menanam jagung dan mereka dapat menjualnya seharga USD94.

Dewan mengatakan, bahwa pada tahun 2023, produksi bunga matahari dan lobak tidak akan menguntungkan dan hanya kedelai yang masih bisa memberikan keuntungan bagi petani.

Produsen mengatakan, kerugian besar telah menyebabkan berkurangnya kegiatan penanaman untuk panen 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2123 seconds (0.1#10.140)