Denpasar Bali Didorong Jadi Kota Pintar Berbasis Budaya

Senin, 23 Oktober 2023 - 14:11 WIB
loading...
Denpasar Bali Didorong Jadi Kota Pintar Berbasis Budaya
Peruri mendorong Denpasar, Bali menjadi smart city berbasis budaya. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peruri mendorong Denpasar , Bali menjadi smart city berbasis budaya. Kota pintar merupakan gambaran tata kelola pemerintahan yang cerdas dan efisien berbasis penggunaan teknologi dan informasi untuk mempercepat proses bisnis pemerintahan yang efektif serta fokus pada perbaikan layanan publik yang berkelanjutan.

"Peruri siap memberikan dukungan penuh terhadap upaya Pemerintah Kota Denpasar dalam mewujudkan konsep smart city melalui pemanfaatan teknologi informasi yang bertujuan untuk meningkatkan layanan publik yang unggul," ujar POH Kepala Departemen Manajemen Produk Digital Peruri Fajar Subhi dalam pernyataannya, dikutip, Senin (23/10/2023).



Pihaknya menawarkan solusi keamanan digital melalui layanan Peruri Digital ID, yaitu sebuah platform yang mampu menerbitkan identitas digital menggunakan data referensi terpercaya (Trusted Reference Data) yang dimiliki oleh berbagai otoritas yang memiliki data valid dan terkini. Digital ID memiliki peran penting dalam membangun infrastruktur teknologi yang mendukung penyediaan layanan smart city.

"Dengan Peruri Digital ID, pengguna dapat membuka akses ke semua layanan dengan melakukan verifikasi identitas sesuai dengan standar protokol secara aman. Pentingnya Digital ID memungkinkan setiap orang yang beraktivitas di ruang digital dapat teridentifikasi," ujar dia.

Sementara, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan visi Kota Denpasar yang mengutamakan nilai-nilai kejujuran dan semangat Sewaka Darma sebagai pilar utama dalam reformasi dan perbaikan birokrasi, menuju tata kelola pemerintahan yang lebih baik serta memanfaatkan teknologi dan inovasi untuk mencapai keseimbangan dalam pembangunan berlandaskan konsep Tri Hita Karana.



Menurut dia Denpasar merupakan salah satu destinasi pariwisata dunia dengan jumlah pengunjung mencapai 3,5 juta wisatawan setiap tahunnya. Ini artinya Denpasar dan kota-kota lainnya di Bali memiliki potensi besar untuk menjadikan wilayahnya sebagai Kota Pintar Berbasis Budaya di Indonesia.

"Kami mengharapkan dapat berkolaborasi dengan Peruri sebagai penyedia layanan keamanan digital untuk mewujudkan Denpasar menjadi smart city," ujar Kadek Agus.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3253 seconds (0.1#10.140)