Bung Hatta Jadi Semangat Wujudkan Rumah Layak Huni Buat Masyarakat

Sabtu, 26 Agustus 2017 - 14:17 WIB
Bung Hatta Jadi Semangat Wujudkan Rumah Layak Huni Buat Masyarakat
Bung Hatta Jadi Semangat Wujudkan Rumah Layak Huni Buat Masyarakat
A A A
JAKARTA - Dalam rangka menggemakan peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2017, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan serangkaian kegiatan.

Kegiatan tersebut mulai dari sarasehan perumahan, pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah, pameran perumahan, talkshow di televisi dan radio, pameran foto, kunjungan media ke lokasi perumahan subsidi, dan pertandingan olahraga.

Pada hari peringatan Hapernas pada 25 Agustus 2017 diselenggarakan ziarah ke makam Wakil Presiden Indonesia pertama Mohammad Hatta atau Bung Hatta yang merupakan Bapak Perumahan Indonesia karena jasanya mendorong program perumahan di Indonesia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama keluarga Bung Hatta yakni Meutia Hatta, Gemala Rabi'ah Hatta, dan Halida Hatta, melakukan ziarah ke makam Bung Hatta di Tempat Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta. Basuki mengatakan, Bung Hatta merupakan salah satu tokoh penting yang sangat peduli pada masalah perumahan.

"Hal tersebut pernah diutarakan Bung Hatta dalam Kongres Perumahan Rakyat Sehat pada 25-30 Agustus 1950 di Bandung," ujar dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (26/8/2017).

Menurutnya, masih banyak yang belum mengetahui bahwa pemikiran mengenai pembangunan rumah untuk rakyat adalah gagasan Bung Hatta. Dalam pidatonya kala itu, Bung Hatta berkeyakinan bahwa cita-cita pemenuhan kebutuhan perumahan rakyat bukan mustahil untuk dicapai jika mau sungguh-sungguh, bekerja keras, semua pasti bisa.

Hari Perumahan Nasional menjadi momen penting untuk mengingat kembali tantangan penyelenggaraan perumahan nasional yang pertama kali dicanangkan pada 1950 oleh Bung Hatta.

"Setelah 72 tahun Indonesia merdeka, kita tidak lagi bicara tentang sandang, namun masih terus memperjuangkan urusan pangan dan papan. Tantangan untuk memenuhi kebutuhan rumah masih sangat besar. Karenanya, semangat Bung Hatta menjadi pemacu kami dan seluruh stakeholder lainnya untuk bisa menyediakan rumah layak huni bagi masyarakat," kata Basuki.

Sementara, Meutia Hatta menambahkan, Bung Hatta selalu memperhatikan dan mencintai rakyat Indonesia dan selalu berpikir tetang paham kerakyatan dan humanisme yang diyakininya, seperti tertuang pada pasal 27 ayat 2 UUD 1945 yang berbunyi setiap warga Negara berhak atas penghidupan yang layak.

"Harapan dari Bung Hatta adalah rakyat kita dapat memiliki rumah di Tanah Airnya sendiri," ujar Meutia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5109 seconds (0.1#10.140)