Ganjar-Mahfud Targetkan Ekonomi RI Tumbuh 7%, Ekonom: Bisa Lebih

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 16:23 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Targetkan Ekonomi RI Tumbuh 7%, Ekonom: Bisa Lebih
Ganjar-Mahfud menargetkan ekonomi Indonesia bisa tumbuh 7%. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Center of Economics and Law (Celios) Bhima Yudhistira secara optimistis menyambut target pertumbuhan ekonomi 7% yang dijanjikan oleh pasangan Ganjar-Mahfud MD , bahkan ia percaya pertumbuhan tersebut dapat melebihi target yang telah ditetapkan, walaupun sadar bahwa keduanya akan dihadapkan pada tantangan.

"Berdasarkan perkiraan, pertumbuhan 7% terbilang optimistis, bahkan overshoot," ujar Bhima pada hari Kamis (26/10/2023).

Dia berpendapat bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan dihadapi dengan berbagai tantangan, terutama mulai tahun 2024. Tantangan-tantangan ini terutama berkaitan dengan melemahnya ekonomi Cina yang diprediksi akan berdampak signifikan terhadap kinerja ekspor, investasi, dan sektor pariwisata dalam negeri.

"Perubahan harga komoditas juga diperkirakan sulit memberikan dampak positif," katanya.



Dalam presentasi tentang visi dan misinya, Ganjar-Mahfud menetapkan target pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen rata-rata agar Indonesia dapat menghindari jebakan negara dengan pendapatan menengah atau middle income trap.

Strateginya adalah menggunakan infrastruktur, ekonomi digital, pengelolaan ekonomi yang ramah lingkungan, serta pertumbuhan sektor manufaktur di kisaran 7,5-8 persen.

Bhima menyatakan bahwa target tersebut menjadi berat karena fluktuasi harga komoditas belakangan ini. Ia menyebut bahwa harga batu bara dan nikel di pasar internasional belum menunjukkan perbaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Sulit untuk mengharapkan lonjakan harga komoditas yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Di sisi domestik, masih banyak tantangan pertumbuhan yang bersifat struktural, mulai dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) hingga penurunan porsi sektor industri manufaktur,” ungkapnya.

Selain pertumbuhan ekonomi sebesar 7%, Pasangan Ganjar-Mahfud juga menjanjikan 17 juta lapangan kerja untuk masyarakat Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)