Tahun Depan Bandara Kertajati jadi Pemberangkatan Haji

Rabu, 13 September 2017 - 22:03 WIB
Tahun Depan Bandara Kertajati jadi Pemberangkatan Haji
Tahun Depan Bandara Kertajati jadi Pemberangkatan Haji
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Panjaitan meminta mempercepat proyek Bandara Kertajati di Jawa Barat. Hal ini untuk mewujudkan keinginannya agar bandara tersebut bisa menjadi tempat pemberangkatan jamaah haji tahun depan, selain di Bandara Soekarno Hatta.

Luhut menceritakan sejak kemarin, pihaknya sudah menandatangani kesepakatan dengan PT Angkasa Pura II dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penandatanganan ini dilakukan demi mempercepat pembangunan bandara, yang sudah bertahun-tahun tidak ada aksi.

"Harus selesai secepatnya, kami ingin rakyat bisa menikmati berangkat haji tahun depan dari Kertajati," tegas Luhut, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Untuk masalah kepemilikan saham Bandara Kertajati, pihaknya membuat bisnis model sedemikian rupa, dimana pihak-pihak terkait merasa nyaman. Saat ini, porsi pembangunan yang dilakukan yakni 50:50 antara pemerintah dan swasta.

Di luar pembagian saham, masalah lain adalah masalah jalan, dimana jarak dari Kertajati menuju Bandung sepanjang 60 kilometer. Luhut ingin melakukan speed up dengan porsi pemerintah 30 kilometer, sisanya dikerjakan oleh swasta.

"Nah yang dikerjakan oleh swasta itu masih bermasalah. Kami sudah panggil mereka untuk jelaskan. Kalau mereka bisa atau tidak, harus beritahu kami supaya kami (pemerintah) tersandera karena mereka enggak punya uang," katanya.

Ke depannya, Luhut menambahkan Bandara Kertajati juga akan dibangun semacam logistic base dengan memanfaatkan pihak-pihak yang bisa mengembangkan model bisnis di sana.

"Kami ingin memanfaatkan kerja sama seperti dengan Alibaba. Sehingga efisiensi akan bagus. Karena dia dekat posisinya dengan Patimban, jalan tol yang menghubungkan Jawa Timur-Jakarta, sehingga itu proyek yang sangat bagus," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4518 seconds (0.1#10.140)