Pemerintah Kantongi Investasi IKN Rp45 Triliun hingga Desember 2023, Intip Daftar Proyeknya

Kamis, 02 November 2023 - 12:31 WIB
loading...
A A A
Kemudian gorundbreaking dilanjutkan pada bulan November ini dengan total realisasi investasi Rp12 triliun. Berapa pelaku usaha yang melakukan groundbreaking seperti PT Pakuwon dengan total investasi sebesar Rp5 triliun.

Pakuwon optimistis pembangunan superblok di IKN yang direncanakan terdiri dari sebuah pusat perbelanjaan, kondominium dan 3 (tiga) hotel akan sangat menguntungkan dalam jangka panjang.

Selain Pakuwon, Rumah Sakit Hermina juga melakukan groundbreaking pada 1 November lalu. Hermina akan membangun rumah sakit bertaraf internasional berbasis eco green dan smart hospital berkonsep green building dengan memanfaatkan energi terbarukan. Adapun nilai investasi rumah sakit Hermina ini sebesar Rp650 miliar.

Pada kesempatan yang sama, Mayapada Group juga melakukan gorundbreaking di IKN untuk membangun rumah sakit. Investasi yang dikucurkan Mayapada sekitar Rp500 miliar untuk pembangunan rumah sakit sekaligus dormitory yang direncanakan akan dibangun di Wilayah Perencanaan (WP) 1B IKN ini.

Selain itu, groundbreaking perushaan swasta akan dilanjutkan pada Bulan Desember mendatang setidaknya ada kurang lebih 9 perushaan swasta dengan perkiraan nilai investasi sekitar Rp10 triliun.

Berdasarkan dokumen resmi otorita IKN yang diterima MNC Portal, ada beberapa perusahaan yang akan menjadi calon peserta groundbreaking bulan Desember mendatang. Seperti GrandLucky Super Store, Balikpapan Super Block, Indogrosir, Jambuwuluk Hotels and Resort, BSH, The Pakubuwono Development, Kawasan Olahraga Berkuda (equestrian park), Arsari Group of Companies, dan Crowd-sourcing untuk Reforestasi Sabuk Hijau Nusantara.

"Bapak Kepala Otorita sudah sampaikan bulan Desember saya diperintah untuk kesini lagi karena ada groundbreaking 8-9 lagi yang baru, kita harap ini akan terus meramaikan ibu kota nusantara kita," ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya pada acara Groundbreaking Pakuwon di IKN, Rabu (1/11/2023).
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2033 seconds (0.1#10.140)