Digempur Sanksi Barat, Kremlin Terkejut dengan Pertumbuhan Ekonomi Rusia

Senin, 06 November 2023 - 10:34 WIB
loading...
Digempur Sanksi Barat, Kremlin Terkejut dengan Pertumbuhan Ekonomi Rusia
Perekonomian Rusia tumbuh stabil di luar ekspektasi meskipun digempur sanksi Barat. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Perekonomian Rusia tumbuh stabil di luar ekspektasi meskipun digempur sanksi Barat. Hal itu disampaikan Juru Bicara Kepresidenan, Dmitry Peskov dalam sebuah pameran internasional di Rusia. Dia mencatat bahwa proyeksi terbaru memperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) sebesar 2,8% tahun ini sebuah hasil yang bahkan melampaui ekspektasi Kremlin.

"Terlepas dari situasi yang sangat sulit selama satu tahun dan sembilan bulan terakhir pemberlakuan sanksi-sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang belum pernah dilihat oleh dunia. Kami tidak hanya berhasil menstabilkan situasi. Kementerian Pembangunan Ekonomi kami memprediksi ekonomi tumbuh 2,8%. Ini adalah berita bagus, dan dalam banyak hal. Ini bahkan mungkin tidak terduga oleh pemerintah kami sendiri," kata Peskov, seraya menambahkan bahwa pada bulan April, sebagian besar perkiraan pertumbuhan PDB tahun ini hanya 1,2%.



Peskov menekankan bahwa pencapaian ekonomi Rusia adalah hasil dari kerja keras dan terperinci dari para regulator keuangan dan ekonomi negara.

"Sekarang jelas bahwa semua yang kami lakukan benar-benar tepat, dan kami dengan percaya diri bergerak maju. Produksi tumbuh, pertanian tumbuh," kata Peskov, mengacu pada beberapa inisiatif yang diperkenalkan selama beberapa bulan terakhir untuk mendukung perekonomian, dari kontrol modal hingga meningkatkan penggunaan mata uang domestik dalam perdagangan.

PDB Rusia menyusut 2,1% tahun lalu di tengah pembatasan ekonomi yang ketat yang diberlakukan oleh negara-negara Barat. Namun, menurut Presiden Vladimir Putin, Rusia telah sepenuhnya pulih dari kemerosotan ini pada Oktober tahun ini, dikutip dari Russia Today, Senin (6/11/2023).



Lembaga-lembaga keuangan Barat juga telah mencatat pemulihan ekonomi Rusia, dengan Dana Moneter Internasional (IMF) merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi negara itu dua kali sepanjang tahun ini. IMF kini memperkirakan PDB Rusia akan tumbuh 2,2% pada 2023, sebuah peningkatan tajam dari prediksi bulan April sebesar 0,7% dan proyeksi bulan Juli sebesar 1,5%.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)