Respons Menhub Soal Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Digarap China: Tanya ke Menko Marves

Rabu, 08 November 2023 - 14:50 WIB
loading...
Respons Menhub Soal Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Digarap China: Tanya ke Menko Marves
Perihal kelanjutan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya akan digarap oleh China, begini respons Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung direncanakan bakal berlanjut hingga ke Surabaya, dimana China bakal kembali digandeng oleh pemerintah. Perihal kelanjutan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya akan digarap oleh China, Menteri Perhubungan ( Menhub ) Budi Karya Sumadi tidak membenarkan ataupun membantah.



Ia hanya menyampaikan bahwa terkait kelanjutan proyek tersebut kewenangannya berada di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. "Nanti tanya ke Menko Marves karena itu kewenangan dari sana," kata Menhub Budi Karya saat ditemui di Gedung DPR Jakarta, dikutip, Rabu (8/11/2023).



Adapun terkait dengan rencana kajian bersama terkait proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya, Menhub mengatakan bahwa hal tersebut baru gagasan saja. "Lagi just idea," katanya.

Sementara itu Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko mengatakan, telah ada penandatanganan joint study antara Indonesia dan otoritas China terkait proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya.

"Ini baru mulai membuat studinya. Kemarin kita dari China menandatangani kesepakatan untuk melakukan joint study dengan China Railway," ujar Tiko saat ditemui wartawan di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2023).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)