Ciptakan Inovasi, Ganjar-Mahfud Masukkan UMKM dalam e-Katalog

Sabtu, 11 November 2023 - 18:45 WIB
loading...
A A A
"Keinginan saya adalah agar program-program ini dapat berlangsung secara berkesinambungan, sehingga UMKM yang ada memiliki peluang untuk berkembang. Ini merupakan program yang positif dan dapat digunakan untuk mengurangi tingkat kemiskinan di negara ini," ungkapnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo berkomitmen untuk mendukung bisnis UMKM dengan mengintegrasikan mereka ke dalam e-katalog untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah. Menurutnya, dengan inklusi dalam e-katalog, UMKM dapat mendapatkan peluang lebih besar, bahkan hingga ke pasar internasional.

"Ketika kita memiliki e-katalog lokal, e-commerce dapat masuk untuk menyediakan pasir, batu bata, dan desain interior. Dengan demikian, saat kita ingin membangun sebuah gedung, kita dapat mengakses materi dari platform tersebut," ujar Ganjar dalam acara Sarasehan 100 Ekonom pada Rabu (8/11/2023).

Ganjar menyatakan bahwa pengalaman semacam itu telah ia terapkan saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Meskipun demikian, Ganjar juga mengajak pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produk mereka agar dapat lolos dalam proses kurasi.



"Dinas tersebut, jika ada tamu, menggunakan produk-produk UMKM. Kami memiliki daftar panjang UMKM yang telah kami kurasi, banyak di antaranya yang memiliki kualitas bagus. Misalnya, sepatu yang saya pakai saat ini berasal dari UMKM yang sangat bagus. Kami memberikan umpan balik saat menggunakan produk tersebut. Pembinaan dari pemerintah sangatlah penting," ungkapnya.

(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)